Masjid Raya Baiturrahman Aceh

10 Tempat Wisata Populer di Aceh

22 views

Negeri Serambi Mekah, alias Aceh, adalah salah satu propinsi di Indonesia yang memiliki ragam potensi wisata. Dinamakan serambi Mekah, karena pada jaman dulu, orang-orang akan singgah di Aceh untuk berangkat menunaikan ibadah Haji.

Tanah Rencong ini pun pernah menjadi sorotan dunia, kala mengalami derita akibat bencana tsunami besar di tahun 2004. Kini, tanah Aceh memang sudah pulih. Namun, monumen sisa bencana tersebut masih tegap berdiri, dan menjadi objek wisata spesial.

 

Tempat Wisata Yang Populer di Aceh

Jika Anda sedang berencana menghabiskan waktu liburan di Aceh, ada baiknya Anda menyimak daftar 10 tempat wisata di Aceh berikut ini:

 

  1. Masjid Raya Baiturrahman

Masjid ini dahulu didirikan di tahun 1612 oleh Sultan Iskandar Muda. Sejak saat itu, tempat ibadah umat Islam itu pun menjadi landmark Aceh. Bahkan, ketika tsunami melanda, kawasan masjid ini menjadi tempat bernaung para korban dan pengungsi.

Wisata religi adalah jenis liburan yang ada di kawasan ini. Selain itu, desain bangunan masjid ini pun cocok untuk menjadi latar foto. Media besar dari Inggris bahkan memasukkan masjid ini sebagai salah satu dari 100 masjid dengan desain terindah sepanjang masa.

Masih di dalam kompleks masjid, Anda bisa mengunjungi Pasar Aceh yang menjual banyak suvenir khas lokal. Deretan penjual makanan pun hadir di sana, sehingga bisa memuaskan nafsu makan Anda dengan kuliner khas Aceh, yang kuat dengan aroma rempah pedas.

 

  1. Pantai Lampuk

Masyarakat Aceh patut berbangga karena memiliki pantai yang tak kalah indahnya dengan pantai lainnya di Indonesia. Pantai Lampuk ini bahkan disebut sebagai Kuta-nya Aceh karena keindahan panorama lautannya.

Air di pantai ini masih cukup jernih, dan berwarna biru cerah di siang hari. Pantai ini memiliki garis sejauh 5km yang membentang dari arah selatan menuju utara. Pasir putih di pantai ini sangat lembut dengan diapit gunung karang di kedua sisi pantai.

Di lokasi wisata ini, Anda dapat menikmati jenis wisata yang cukup beragam. Mulai dari menyewa perahu banana boat, berjemur di tepi pantai, hingga bermain air di pantainya yang jernih. Salah satu kegiatan yang paling menarik di kawasan ini adalah usaha melestarikan penyu. Di pantai ini, Anda bisa turut serta melepaskan tukik ke lautan lepas.

 

  1. Pantai Iboih

Pantai ini memiliki keindahan layaknya kawasan Raja Ampat. Pantai Iboih dianggap sebagai pantai yang paling indah di Aceh. Kombinasi pasir putih dan air yang jernih pastinya menyejukkan mata. Begitu jernih air di pantai ini, sehingga Anda bisa melihat terumbu karang di dasar pantai dengan mata telanjang.

Suasana pantai ini sangat tenang, sehingga sangat cocok untuk menjadi tujuan bulan madu bagi pasangan yang baru melangsungkan pernikahan. Olahraga air yang ada di sini pun tergolong lengkap, mulai dari snorkeling, menyelam, dan lain-lain.

 

  1. Museum Tsunami

Museum ini menjadi pusat sejarah terjadinya tsunami di tahun 2004. Bukan untuk menguak luka lama, tetapi menjadi sebuah pengingat bagi mereka yang selamat. Museum ini memiliki lorong panjang dengan  nuansa gelap dan suara desiran ombak. Saat berada di lorong itu, Anda pasti akan merasakan seramnya kondisi saat tsunami menerjang.

Lepas dari terowongan itu, Anda akan tiba di ruang kenangan. Di ruang ini, ada 26 monitor yang memajang kondisi Aceh saat dihempas tsunami. 26 jumlah monitor menggambarkan tanggal kejadiannya, yakni 26 Desember 2004.

Lalu, perjalanan berlanjut ke sumur doa. Di dinding area ini, ada sekitar 2000 nama korban yang diabadikan. Setelah itu, Anda akan tiba di lorong cerobong dan jembatan harapan. Secara keseluruhan, desain museum ini menggambarkan seluruh proses masyarakat Aceh untuk bangkit dari duka tsunami.

Di museum ini dipajang juga benda-benda yang tersisa dari peristiwa dahsyat tersbeut. Seperti sepeda, foto-foto korban, dan lain sebagainya. Namun, tujuan utama dibangunnya museum ini adalah sebagai pusat studi dan tempat perlindungan terkait tsunami.

 

  1. Gunung Seulawah Agam

Gunung ini adalah gunung berapi yang berada di Kabupaten Aceh Besar. Hiking menjadi aktivitas paling seru di kawasan ini. Meski tingginya hanya 1800 mdpl, namun tetap menjanjikan tantangan yang menarik.

Gunung ini memiliki kawah bernama Heutsz, yang masih menyemburkan asap belerang. Sepanjang pendakian menuju puncak, Anda akan dihidangkan pemandangan yang asri dengan udara yang masih sejuk. Kekayaan tumbuhan dan hewani pun bisa Anda temui di sepanjang jalan saat mendaki.

 

  1. Pocut Meurah Intan

Kawasan ini merupakan sebuah taman hutan raya. Namanya diambil dari sosok bangsawan wanita Aceh, yang dikenal gagah dan berani melawan penjajahan Belanda. Taman ini berada di wilayah pemerintah Kabupaten Aceh Besar dan Kabupaten Pidie.

Dari Banda Aceh, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 70 km untuk menuju taman ini. Di sana, Anda bisa mengenal ragam tetumbuhan dan hewan yang memang menghuni hutan tersebut. Tak hanya itu, THR ini pun menawarkan objek wisata sampingan seperti air terjun, pemandian air panas, hingga tebing bebatuan.

 

  1. Pelatihan Gajah

Aceh memiliki populasi gajah yang sangat besar. Dahulu, gajah digunakan untuk dilatih sebagai pasukan militer. Namun, kini gajah-gajah itu menjadi objek wisata. Di pusat pelatihan gajah Saree, Anda bisa melihat aktivitas tersbeut.

Bukan dilatih untuk menjadi objek sirkus, gajah-gajah tersebut dilatih agar jinak terhadap manusia. Gajah pun dilatih untuk bisa melakukan atraksi menghibur. Anda pun bisa menunggangi gajah untuk mengitari kawasan pelatihan ini.

 

  1. Rumah Cut Nyak Dien

Aceh terkenal dengan banyak pahlawan kemerdekaan. Salah satunya adalah Cut Nyak Dien. Pahlawan wanita ini berjuang keras agar Aceh dan Indonesia bisa bebas dari cengkeraman penjajah.

Rumah tersebut sebetulnya bukan rumah tinggal beliau, melainkan merupakan tempat persembunyian.  Bangunan yang ada sekarang adalah replika, karena yang asli sudah hangus terbakar saat perang dengan penjajah. Meski demikian, beberapa bagian rumah asli masih ada dan dipugar kembali. Bagian tersebut seperti sumur yang sangat tinggi, bahkan bibirnya berada di lantai 2 rumah.

 

  1. Loyang Koro & Putri Pukes

Bagi Anda yang berjiwa penjelajah, maka harus mencoba serunya menjelajahi gua alias caving, di gua Loyang Koro. Lokasinya kurang lebih 5 km ke arah timur dari Takengon. Kawasan ini menjadi tujuan wisata karena masih asri. Gua ini memiliki kedalaman sekitar 110 m, yang bisa dimasuki melalui jalan setapak.

Namun demikian, gua yang lebih menarik adalah gua Putri Pukes. Lokasinya berada di wilayah administratif Aceh Tengah. Gua ini diberi nama sesuai dengan legenda Putri Pukes yang bermuasal dari tanah Gayo.

 

  1. Objek Wisata Pucok Krueng

Destinasi wisata yang satu ini cocok bagi Anda penggemar aktivitas outdoor. Di lokasi ini, Anda bisa menikmati serunya memacu adrenalin dengan mengarungi jeram atau sungai berarus deras.

Ada cerita mistis di kawasan ini, yang tentunya sudah Anda tahu. Yaitu tentang Jaka Tarub yang berjumpa dengan 7 orang bidadari cantik. Konon, di tempat inilah legenda tersebut terjadi.

Itulah tadi 10 tujuan wisata menarik yang bisa Anda temukan di wilayah Aceh. Tentunya, Aceh kini telah bangkit kembali sebagai kota yang megah, sarat potensi wisata.

 

Meta

Judul: 10 Tempat Wisata Populer di Aceh

Deskripsi:

Keyword: –

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *