foto-kampung-sampireun-garut

10 Tempat Wisata Populer di Garut

40 views

Mencari kota liburan alternatif di Jawa Barat memang sangat mudah, selain Bandung, Lembang atau Sukabumi kita pun bisa menyempatkan untuk berlibur ke Garut. Selain dikenal sebagai kota dodol, Garut ternyata menyimpan banyak tempat wisata populer yang attractive.

Kekayaan alam yang ada di Garut membuatnya memiliki banyak area wisata keren seperti air terjun atau Pantai yang menakjubkan.

Jumlah traveler domestic yang berkunjung ke Garut sangat banyak, apalagi yang bertandang ke Cipanas Garut. Tempat tersebut jadi langganan perjalanan wisata keluarga atau rombongan study tour dari kota-kota lainnya.

 

Daftar 10 Tempat Wisata Populer Di Garut

Apakah mengunjungi Garut menjadi salah satu rencana menarik yang akan Anda lakukan dalam waktu dekat ini? Agar tidak kebingungan, berikut ini daftar lokasi wisata populer yang layak untuk disambangi:

  1. Taman Satwa Cikembulan

Liburan bersama keluarga agar anak senang maka jangan lewatkan list berkunjung ke kebun binatang. Sebagai referensi tempatnya, silahkan kunjungi Taman Satwa Cikembulan yang menawarkan  banyak sekali binatang termasuk jerapah maupun gajah. Selain itu, traveler pun bisa melihat burung, mamalia maupun reptile.

Fasilitas yang dimiliki Taman Satwa Cikembulan memang tidak main-main, pengunjung bahkan bisa bersantai di restoran maupun bungalow untuk bisa menemani anak-anak di arena bermain. Jika ingin merasakan atraksi lainnya, ajak anak untuk berkuda atau memancing.

  1. Pantai Rancabuaya

Berada persis di Desa Purbayani, pantai ini termasuk icon wisata di sana. Para pengunjung biasanya dihimbau untuk tidak berenang di Pantai Rancabuaya. Bukan karena ada buaya yang bersarang di sana, namun karena ombaknya yang tinggi dan banyaknya batu karang yang bisa melukai badan saat berenang.

Pantai ini memang paling cocok sebagai tempat menyepi atau sekedar menikmati sunset. Warna sunset yang orange sangat kontras dengan warna air, ketika matahari terbenam sinarnya memantul ke pantai sehingga warna air berubah menjadi orange tampak sangat indah dan unik.

  1. Awit Sinar Alam Darajat

Dari atas ketinggian, tempat wisata ini tampak sangat unik dan menarik karena memiliki banyak fitur dan fasilitas. Berada persis di Jl. Darajat KM 24 Padaawas, pengunjung bisa merasakan sumber mata air panas atau mencoba atraksi outbound. Fasilitas lainnya yang populer adalah cottage.

Pengunjung yang datang ke sini mayoritas memang penggemar pemandian air panas, akan lebih menyenangkan bila berkunjung bersama-sama dengan keluarga. Menariknya, anak-anak yang berusia 2 tahun ke bawah dibebaskan tiket masuknya.

  1. Kampung Sampireun

Bagi yang ingin honeymoon mungkin resort dengan nuansa perkampungan ala sunda ini bisa menjadi tempat menginap yang ideal. Konsepnya memang sangat unik, karena kampungnya sendiri dibangun di atas danau. Bila ingin berpergian, tersedia perahu sebagai alat transportasinya.

Pemandangan yang tersaji di Kampung Sampireun sangat indah dan eksotik, apalagi saat malam hari dengan penerangan seadanya terlihat puluhan kali lipat lebih romantis. Selain menikmati pemandangannya yang indah, pengunjung pun bisa menghirup udara Garut yang sejuk serta menikmati sapuan air segar.

  1. Pantai Santolo

Tempat menarik berikutnya ini menawarkan spot pemandangan yang sangat unik, saking uniknya banyak traveler yang sengaja ke Pantai Santolo hanya untuk mendapatkan foto cantik.

Salah satu spot foto terbaik yang ditawarkan di Pantai Santolo adalah ayunan buatan yang sengaja ditempatkan di hamparan pasir yang lembut. Background ayunannya tentu saja pantai, jadi pengunjung hanya perlu duduk santai di ayunan tersebut dan mengambil foto.

  1. Leuweung Sancang

Mereka yang tinggal di Desa Sancang mengenal dengan baik tempat wisata ini. Cagar alam ini memang terkenal di sana karena menjadi bagian sebagai konservasi hutan bertaraf internasional.

Traveler akan menemukan banyak hal baru dan menarik saat bertandang ke Leuweung Sancang, termasuk melihat Owa Jawa yang dikenal sebagai primata langka.

Tempat ini juga memiliki tumbuhan langka seperti Meranti Merah, ketika sampai di sini jangan lupa untuk melihat air terjun cukup dengan menyeberangi sungai.

  1. Cinapas Garut

Sebagaimana yang telah dikenal sejak lama, Garut menyimpan banyak tempat wisata pemandian air panas, salah satu yang paling dikenal adalah Cipanas Garut. Tempat ini menawarkan pengalaman mandi air panas di tempat terbaik, fasilitas yang diberikan pun sangat lengkap.

Menariknya, sumber mata air panas yang mengalir ke Cipanas Garut bukan berasal dari air panas buatan manusia melainkan dari pegunungan. Jadi pengaruhnya untuk tubuh kita sangat baik, tidak hanya menenangkan tubuh dan pikiran tapi juga baik untuk mengobati penyakit kulit dan rematik.

Selain menawarkan fasilitas modern, termasuk kolam renang dan penginapan, pengunjung pun bisa pergi ke waterboom.

  1. Air Terjun Sanghyang Taraje

Kampung Kombongan bukan seperti kampung lainnya yang ada di Indonesia karena kampung ini menyimpan rahasia kekayaan alam yakni curug yang indah. Kabarnya, air terjun di Kampung Kombongan ini adalah tangga yang akan menuntun para dewa untuk kembali ke atas kahyangan.

Air terjun ini sangat tinggi dengan total ketinggian mencapai 82 meter, udara yang ada di sekitar air terjun sudah pasti sejuk. Tidak heran jika tempat wisata ini jadi banyak pilihan oleh traveler mancanegara maupun domestic yang berpetulang ke Garut.

  1. Gunung Guntur

Para pendaki gunung tidak perlu khawatir kekurangan objek liburan saat ke Garut karena di sana ada Gunung Guntur yang total ketinggiannya mencapai 2.249 mdpl. Gunung Guntur termasuk gunung berapi yang ada di Jawa Barat dan telah aktif dalam waktu yang sangat lama sejak 1800-an lalu.

Di area sekitar gunung, kita bisa menemukan banyak rumput liar yang tumbuh dengan subur. Selain itu, mata kita akan dimanjakan dengan pepohonan pinus.

Menariknya di kaki gunung kita bisa menemukan beberapa hotel yang terkenal. Hotel tersebut menawarkan fasilitas yang tidak biasa yakni pemandian air panas. Jadi setelah lelah mendaki gunung, traveler bisa menginap dari berendam air panas.

  1. Bukit Pilar Angin

Lokasi wisata alam menarik dengan hamparan pemandangan rumput liar bisa kita temukan saat berkunjung ke Bukit Pilar Angin. Saking indahnya pemandangan yang ditawarkan di sini, beberapa pengunjung menjulukinya sebagai sumba-nya Garut.

Kawasan ini nyatanya bukan tempat wisata biasa, karena di Bukit Pilar Angin kita bisa menemukan banyak warga sekitar yang bekerja sebagai penggembala domba.

Mereka pergi ke atas bukit demi menggembala domba-domba mereka. Bila dijangkau dari pusat kota, kita membutuhkan waktu tidak lebih dari 4 jam untuk sampai ke kawasan wisata ini. Jangan ragu untuk datang ke tempat ini, Bukit Pilar Angin termasuk area wisata tersembunyi yang belum banyak dikunjungi traveler.

Melihat keindahan alam merupakan tujuan utama dari petualangan wisata yang dilakukan oleh banyak orang. Ketika ke Garut, pastikan untuk mengunjungi sejumlah tempat wisata terkenal yang direkomendasikan warga setempat.

Bukan hanya memuaskan diri dengan berendam di sumber mata air panas yang ada di Cipanas Garut, tapi turut bertandang ke tempat wisata populer lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *