Tempat Wisata di Jakarta Yang Menarik & Populer

ENJOYWISATA.COM | Sebagai jantung dan pusat ibukota, Jakarta menjadi bagian yang terpisahkan dari sejarah dan kemajuan perkembangan zaman. Kemajuan ini pun tak lantas dianggap terlambat, karena dinilai sudah cakap dan mumpuni dalam mengatasi urusan kenegaraan.

Jakarta merupakan wilayah tempat tinggal dan incaran warga kota lain yang ingin mengadu nasib. Di sisi lain, kota terbesar di Indonesia ini juga memiliki beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi.

Sedang berada di Jakarta dan ingin mengeksplore lebih banyak wisata populler yang ada disini, berikut 10 tempat yang paling kami rekomendasikan.

Daftar Tempat Wisata di Jakarta Paling Populer

Sudah ada di Jakarta dan tidak mengeksplore lebih jauh dari kota ini? rugi banget dong. Ingin tahu apa saja wisata populler yang ada di Jakarta? Ini dia ulasannya.

1. Monas (Monumen Nasional)
Siapa yang tak kenal ikon khas dari ibukota Jakarta ini? Rasanya senatero Indonesia sudah sangat mengenalnya. Tugu yang berdiri kokoh dan menjulang tinggi ini merupakan ide dari bapak presiden pertama Indonesia yaitu Ir. Soekarno.

Anda bisa menaiki puncaknya dengan menggunakan satu lift khusus. Namun, Anda harus ekstra sabar mengantri dan cepat-cepat datang agar kebagian tiket, khususnya pada saat weekend atau di tanggal merah.

Selain melihat pemandangan sekitar dari puncak Monas, pada saat turun, Anda bisa singgah di area cawan yang pemandangannya juga tak kalah bagus.

Beranjak hingga bagian akhir menuju pintu keluar, Anda akan disuguhi rangkaian diorama yang berhubungan dengan perjuangan kemerdekaan Indonesia dulu.

Gak ada salahnya kan mengenal sejarah negara sendiri?

2. Taman Ismail Marzuki (TIM)
Lokasi Taman Ismail Maszuki berada di pusat kota Jakarta dan telah diresmikan sejak tahun 1968. Lokasi ini dijadikan sebagai pusat tempat kesenian.

Taman Ismail Marzuki yang biasa disingkat TIM juga dilengkapi dengan fasilitas teater kecil/studio, teater halaman, dan Graha Bhakti Budaya yang mampu menampung sekitar 800 kursi untuk berbagai pertunjukan.

3. Kota Tua
Berwisata di Kota Tua Jakarta, menjadi hal wajib yang harus Anda lakukan ketika berkunjung ke Ibukota. Selain karena bangunan-bangunan yang telah ada sejak jaman penjajahan Belanda, area ini juga menyimpan histori yang tak terlepas dengan sejarah.

Jika Anda berkunjung ke kota tua, banyak lokasi yang bisa didatangi. Bahkan tidak bisa habis dalam satu hari. Museum Fatahillah, Museum Wayang dan Museum Seni adalah tiga lokasi yang berada di pusat kota tua.

Selain itu, ada pula Museum Bank Indonesia, Museum Mandiri, Toko Merah, Jembatan Kota Intan yang berada tak jauh dari daerah Kota Tua.

Bahkan suangai yang dulunya dimanfaatkan sebagai jalur perdagangan dari pelabuhan Sunda Kelapa dan berada di sepanjang sekitar depan Toko Merah, kini sudah mengalami perubahan dan menjadi lokasi wisata baru.

4. Taman Situ Lembang
Meski namanya mirip dengan daerah yang ada di kota Bandung, namun letaknya berada di daerah Menteng, Jakarta Pusat lho. Taman ini merupakan salah satu area wisata dan rekreasi warga Jakarta yang cukup tenang dan asri.

Ditambah lagi ada danau yang berada disekitaran taman, tentu akan membuat lebih asyik untuk sekedar bersantai ria.
Taman ini juga menjadi pilihan untuk bersantai bersama keluarga. Selain itu, lokasi ini juga cocok untuk dijadikan sebagai tempat melakukan aktivitas seperti jogging dan olahraga ringan lainnya.

5. Kebun Binatang Ragunan
Tempat wisata satu ini memang paling pas untuk dinikmati bersama keluarga, terutama yang masih memiliki anak kecil. Kebun binatang Ragunan sudah lama berdiri dan terus mengalami pembaharuan karena terbukti banyak yang suka dengan wisata ini, khususnya di hari libur nasional dan akhir pekan.

Ada banyak hewan yang dipelihara di kebun binatang ini, mulai dari yang jinak hingga yang terbuas sekalipun. Di samping itu, ada pula area khusus untuk melihat kawanan king kong dan sejenisnya.

Lokasi wisata yang berada di daerah Jakarta Selatan ini juga bisa langsung di jangkau dengan kendaraan umum seperti sarana transportasi Transjakarta. Transportasi ini akan langsung mengantarkan Anda ke gerbang wisata kebun binatang Ragunan.

6. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)
TMII merupakan tempat wisata yang sudah berdiri sangat lama. Dari awal dibangun hingga kini, keberadaannya masih menjadi daya tarik tersendiri khususnya bagi para wisatawan lokal.

Di sini, Anda bisa melihat replika Indonesia dengan pulau-pulau mini dari atas ketinggian menggunakan sarana gondola. Dengan gondola, Anda juga dibawa untuk melihat beragam rumah tradisional yang tampak unik dan bagus.

Anda juga bisa menonton film yang sesuai dengan jadwal di Teater Keong Mas. Dikatakan demikian karena bentuknya yang menyerupai keong dan berwarna emas. Selain itu, disewakan pula sepeda biasa maupun tandem untuk berkeliling di sekitar area TMII ini.

7. Ancol
Tempat wisata dan rekreasi Ancol menjadi favorit dan pilihan wisatawan lokal, apalagi bagi warga Jakarta. Ada banyak pilihan yang ditawarkan pihak pengelola Ancol, seperti Ecopark, wahana dan permainan Dunia Fantasi (Dufan), hingga Pantai yang langsung menghadap laut utara Jakarta.

Lokasi ini sudah dilengkapi dengan fasilitas parkir sesuai areanya masing-masing, pilihan tempat makan, mall, dan shuttle bus yang siap mengantar Anda mengelilingi Ancol. Selain kendaraan pribadi, transpotasi umum Transjakarta pun bisa langsung membawa Anda masuk ke area ini.

8. Taman Wisata Alam Mangrove, Kapuk
Wisata Alam atau hutan mangrove sudah tak asing lagi terdengar. Beberapa daerah pun menggalakkan pembangunan hutan mangrove dalam rangka menjaga kestabilan lingkungan. Ada banyak hutan mangrove yang dibangun, salah satunya adalah yang berada di Jakarta, tepatnya di wilayah Angke, Kapuk.

Hutan mangrove ini menjadi salah satu wisata kekinian yang wajib dikunjungi, khususnya kaum milenial. Tak hanya melihat dan merasakan rindangnya pepohonan mangrove tetapi juga dapat berfoto ria dengan spot-spot yang menarik, seperti di rumah-rumah unik yang berjejer di beberapa jalur.

Restoran, musholla, toilet, parkir, hingga penginapan pun merupakan fasilitas yang disediakan oleh pengelola kawasan ini. Anda juga bisa mengitari perairan danau yang berada di lokasi ini dengan menyewa perahu.

Sayangnya, Anda tidak diperbolehkan membawa kamera DSLR dan sejenisnya. Cukup dengan membawa kamera ponsel saja.

9. Setu Babakan
Jakarta sangat erat kaitannya dengan kebudayaan tradisional Betawi. Kebudayaan ini merupakan ciri khas dari warga asli Jakarta dan sangat dilestarikan. Oleh karena itu, area yang memiliki Perkampungan Budaya Betawi ini betul-betul dijaga sejak berdiri pada tahun 2000.

Setu Babakan ini berada di daerah Jakarta Selatan dan memiliki danau buatan yang cukup luas. Selain itu, beragam jajanan kuliner khas betawi juga dapat ditemukan di daerah ini.

10. Kepulauan Seribu
Ini dia lokasi wisata yang menyuguhkan keindahan pantai dan biota laut. Lokasi kepulauan Seribu ini terletak di bagian terluar DKI Jakarta. Untuk menuju ke sana, Anda harus menempuhnya dengan menumpang kapal bertiket dari Muara Angke.

Di kepulauan Seribu ini, ada beragam pulau yang bisa Anda kunjungi bersama sahabat karib, contohnya seperti pulau Tidung, pulau Pari dan pulau Harapan. Di pulau-pulau tersebut, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan birunya laut serta pasir putih yang menawan.

Untuk mengunjungi tiga hingga lima pulau sekaligus, Anda bisa menginap di rumah-rumah penduduk yang telah bekerja sama dengan pihak-pihak penyelenggara paket wisata dan open trip.

Bagi warga ibukota, berlibur dan berwisata memang tak perlu harus menghabiskan waktu jauh-jauh ke luar kota, karena di Jakarta ada banyak sekali tempat-tempat wisata populer yang bisa dikunjungi bersama keluarga dan teman terdekat kapanpun Anda mau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *