Bukit Ngarau Merangin jambi

10 Tempat Wisata Populer di Jambi

15 views

Jambi merupakan sebuah provinsi yang bersebelahan dengan Sumatera Barat, Riau, Bengkulu dan Sumatera Selatan. Dengan lokasinya yang berdekatan dengan perbukitan, gunung, dan laut, membuat Jambi memiliki potensi untuk mengembangkan berbagai lokasi wisata.

Ada banyak macam pilihan tempat wisata yang ada di Jambi, mulai yang berhubungan dengan alam hingga yang paling kekinian diantara generasi muda saat ini. Tempat-tempat wisata tersebut pun juga bisa didatangi bersama teman maupun keluarga Anda.

 

Yuk, Segera Berwisata di Jambi

Provinsi yang beribukotakan nama sama ini ternyata memiliki segudang cerita dan pilihan lokasi wisata yang layak untuk segera dikunjungi. Mau tahu apa saja tempat-tempat tersebut? Yuk, baca informasinya berikut ini.

  1. Air Terjun Sigerincing

Untuk mendapatkan sensasi menyegarkan sekaligus berbasahan, kunjungilah air terjun Tegan Kiri yang berlokasi di Desa Tuo, kabupaten Merangin. Suasana dan pemandangan alamnya masih sangat asri.

Air terjun ini memiliki debit air sungai yang jernih dan terasa segar jika bermain air di sana. Hijaunya pepohonan pun menambah kerindangan lokasi ini, membuat Anda jadi betah dan berat untuk pulang ke rumah.

  1. Bukit Ngarau Merangin

Jambi memiliki banyak bukit-bukit dengan pemandangan yang indah. Salah satunya adalah bukit Ngarau Merangin. Bukit ini berada di daerah kecamatan Tabir Ulu, kabupaten Merangin. Anda bisa masuk ke lokasi ini tanpa harus membayar biaya dan harga tiket sedikitpun.

Udara yang ada di sekitar bukit ini memang sangat segar dan dingin. Anda juga bisa menikmati pemandangan alam yang masih terselimuti awan. Pemandangan seperti ini akan membuat Anda seolah-olah berada di atas awan.

  1. Candi Muaro Jambi

Sebagai daerah yang mempunyai sejarah peninggalan dari masa-masa kejayaan Hindu Budha, Jambi juga memiliki candi seperti beberapa provinsi di pulau Jawa. Salah satunya adalah Candi Muaro.

Candi Muaro merupakan suatu situs bersejarah yang paling terkenal dan populer didatangi masyarakat dalam dan luar Jambi. Berwisata ke candi ini tak hanya sekedar bisa berswafoto saja, tetapi juga sekaligus mendapat pengetahuan dan gambaran bagaimana sejarah yang terjadi pada jaman dulu.

Candi ini disebut-sebut adalah yang paling luas di kawasan Asia Tenggara, bahkan Candi Borobudur pun kalah. Candi yang berada di kecamatan Muaro Sebo ini sangat mudah ditemukan karena begitu terkenalnya.

  1. Danau Sipin

Masih berhubungan dengan alam, Danau Sipin juga menjadi satu destinasi yang populer dan wajib dikunjungi ketika ke Jambi. Wisata air ini juga diminati oleh wisatawan sekadar ingin melepas penat setelah hampir satu minggu lelah bekerja.

Lokasi wisata ini merupakan danau alami dan berada di tengah kota Jambi. Banyak warga sekitar yang mengunjungi danau ini ketika sore menjelang. Apalagi di hari sabtu minggu dan libur lainnya. Di danau ini, Anda juga bisa menyewa perahu untuk berkeliling ataupun membeli ikan dari nelayan

  1. Hesti’s Garden

Bukan hanya Bandung saja yang mempunyai lokasi wisata yang penuh bunga mekar seperti Begonia Garden. Jambi juga punya lokasi wisata serupa yaitu Hesti’s Garden. Tempat ini tergolong sebagai lokasi baru dan pas untuk Anda yang gemar berfoto genik di depan kamera.

Meskipun luas kebun ini cukup besar, namun Anda tidak akan dikenakan tarif masuk alias gratis. Ada banyak spot foto yang bisa jadi incaran Anda untuk dipamerkan ke media sosial. Dijamin bahwa hasil foto Anda akan terlihat colorful dan menarik untuk dipandang.

  1. Gunung Kerinci

Buat anak pecinta alam sudah tahu betul tentang gunung Kerinci. Gunung ini menjadi salah satu destinasi yang wajib didaki oleh anak pecinta alam Jambi. Apalagi gunung ini adalah yang paling tinggi di sepanjang pulau Sumatera dan berada diantara Pegunungan Bukit Barisan.

Mendaki gunung Kerinci merupakan impian dan tujuan utama para pecinta alam. Mereka akan merasa puas dan bangga jika telah mendaki puncak tertinggi kedua di Indonesia. Bila berhasil menaklukan gunung ini, biasanya mereka akan mengincar gunung tinggi setelahnya yaitu Jaya Wijaya.

  1. Gentala Arasy

Gentala Arasy merupakan ikon yang unik dari daerah Jambi karena memiliki jembatan dan nama yang sama serta berada di satu wilayah saling berdekatan dan terhubung. Untuk menaranya, berfungsi sebagai penunjuk jam dan waktu solat karena terhubung langsung dengan mesjid yang mengumandangkan adzan.

Lain lagi dengan jembatan Gentala Arasy. Jembatan yang membentang sepanjang sekitar 503 meter ini, melewati sungai Batanghari. Lokasi ini pun dimanfaatkan para warga untuk berjalan kaki hingga berolahraga lari.

Selain kedua lokasi tersebut, nama Gentala Arasy juga digunakan pada museum yang letaknya berada persis di bawah menaranya. Museum ini pun dibangun karena ingin memberikan informasi yang bermanfaat bagi pengunjung.

Museum ini menyimpan aneka koleksi yang jumlahya sudah 100 lebih dan pemberian dari berbagai sumber, terutama dari para ulama. Kebanyakan koleksi tersebut berhubungan dengan perkembangan dan peradaban islam pada masa itu.

Oleh karenanya, pengunjung pun tak hanya bisa melihat dan naik ke menaranya saja, tetapi juga mendapatkan ilmu yang bermanfaat sepulang dari sana.

  1. Jambi Paradise

Satu lagi tempat kekinian yang dimiliki oleh Jambi dan wajib didatangi pada saat senggang, yaitu Jambi Paradise. Destinasi wisata ini dapat ditemukan di daerah Desa Talang Belido, Simpang Acai.

Di Jambi Paradise, Anda bisa menikmati taman air yang indah serta menyuguhkan pemandangan yang asri dan teduh. Anda bisa menghabiskan waktu dengan keluarga di akhir pekan untuk menghangatkan keakraban dan kebersamaan.

  1. Pulau Penyu

Jangan kira Jambi tidak punya wisata air dan pantai yang eksotis, karena pulau Penyu Jambi memiliki jawabannya. Nama Pulau Penyu ini bukan hanya dimilki oleh warga Bali saja, tetapi juga Jambi. Anda akan mendapatkan pulau Penyu ini di kecamatan Sudu, Tanjung Jabung Timur.

Untuk bisa ke lokasi wisata ini, Anda memang diharuskan untuk menempuh perjalanan selama kurang lebih tiga jam lamanya. Hal tersebut sebanding dengan kepuasan yang akan Anda dapatkan selama berada di Pulau Penyu.

Selain keindahan pemandangan dan bebatuan besar yang mirip di Belitung, pulau ini memiliki tempat penangkaran penyu lucu nan menggemaskan. Mengunjungi lokasi ini membuat segala lelah dan stress yang menumpuk akan hilang dan lepas. Anda pun merasa seperti terlahir kembali sepulang dari berlibur di pulau ini.

  1. Tanggo Rajo

Tanggo Rajo berada di tengah kota dan disebut-sebut menyuguhkan pemandangan serupa tepi pantai Ancol Jakarta. Namun, perairan yang ada di Tanggo Rajo ini bukanlah pantai, melainkan Sungai Batanghari. Banyak jajanan aneka kuliner yang dijual sepanjang bibir sungai, mulai dari jajanan kecil hingga makanan berat.

Lokasi ini ramai ketika memasuki sore atau senja. Banyak orang ingin menikmati sunset sambil menikmati jajanan yang mereka beli. Suasana pada malam hari juga tak kalah ramai, ditemani dengan kemerlap cahaya lampu kota Jambi yang membayang di sungai terpanjang se-Sumatera ini.

Ternyata Jambi tak hanya menyimpan cerita sejarah saja, tetapi juga tempat wisata yang dapat memanjakan mata Anda. Jadi, sudah ada rencana untuk pergi ke Jambi? Yuk, segera siapkan jadwal dan tanggal keberangkatan. Jangan lupa untuk mempersiapkan itnerary perjalananmu sebelum berangkat, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *