10 Tempat Wisata di Jawa Tengah

Tempat-Wisata-di-Jawa-Tengah
Candi Borobudur Jawa Tengah (foto:Tempatwisataseru.com)
ENJOYWISATA.COM | Jawa Tengah adalah salah satu provinsi di Pulau Jawa yang memiliki banyak keistimewaan. Berbatasan dengan Jawa Timur, Jawa Barat dan Daerah istimewa Yogyakarta tentunya membuat Jawa tengah memiliki beragam kebudayaan dan tempat wisata tentunya.

Keistimewaan dari provinsi ini selain adat istiadat dan budaya, Jawa Tengah memiliki bentangan alam yang memikat semua orang yang melihatnya. Tak heran jika wisata alam yang ada disini sangat mempesona.

Jika Anda sedag merencanakan berlibur ke jawa Tengah, sebaiknya Anda membuat daftar terlebih dahulu tempat-tempat wisata yang perlu dikunjungi  agar tidak kelewatan.

10 Tempat Wisata di Jawa Tengah Yang Lagi Hits!

Karena banyak tempat wisata yang ada di Jawa tengah, berikut adalah daftar rekomendasi  10 tempat wisata yang sering dikunjungi untuk menghabiskan waktu akhir pekan dan liburan.

1.   Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan salah satu dari tujuh situs warisan dunia UNESCO.  Ikon wisata yang paling terkenal di Jawa Tengah terletak di Kabupaten Magelang yang berjarak 40 km kea rah barat laut Daerah Istimewa Yogyakarta.

Candi Borobudur termasuk salah satu candi terbesar peninggalan umat agama Budha. Terdapat sekitar 1.460 relief dan 504 stupa yang sangat dijaga keasliannya.

Biaya tiket yang dikeluarkan untuk menikmati pemandangan Candi Borobudur sebagai salah satu jejak sejarah bangsa Indoesia ini yaitu sebesar 15.000 untuk wisata domestik dan USD 20 untuk wisata mancanegara.

2. Dataran Tinggi Dieng

Dieng Plateu atau yang sering dikenal sebagai Dataran Tinggi Dieng terletak di daerah sejuk Wonosobo dengan ketinggian sekitar 2.000 mdpl. Letaknya yang jauh sekitar 30 km dari pusat kota membuat kawasan ini memiliki pemandangan yang sangat asri dilengkapi dengan kawah gunung berapi yang masih aktif.

Ada juga candi bersejarah peninggalan umat Hindu yang terletak di sekitar kawasan tersebut.

Tempat wisata ini juga menarik para pengunjung ketika malam hari karena mereka bisa mendaki dan bermalam di gunung. Beberapa objek lain  yang ada di Dieng Plateu adalah Bukit Sikunir, Sumur Jalatunda, dan Telaga Warna yang masing-masing memiliki legenda yang menarik.

3. Taman Nasional Karimun Jawa

Selain wisatawan domestik, karimun jawa sudah banyak memikat para pelancong dari mancanegara. Tempat ini sebenarnya merupakan salah satu cagar alam laut di bawah pengawasan Dinas Pariwisata setempat.

Taman Nasional Karimun Jawa yang memiliki garis pantai yang indah ini juga dilengkapi dengan kekayaan laut yang sangat menarik seperti ikan laut dan terumbu karang dengan banyak jenisnya.

Aktifitas menyenangkan yang bisa dilakukan di tempat ini adalah seperti menyelam, berenang, snorkeling, memancing dan bermain di tepian pantai.  Bahkan Karimun Jawa sudah terkenal dengan spot diving terindah di Indonesia.

4. Pantai Kartini

Masih di daerah Jepara, ada satu pantai yang bisa Anda masukkan ke dalam daftar kunjungan wisata di Jawa Tengah yaitu Pantai Kartini. Kawasan yang memiliki luas lebih dari 3 hektar ini juga berfungsi sebagai tempat transit bagi pengunjung yang ingin berwisata di Kepulauan Karimun Jawa.

Pantai ini juga sering disebut sebagai pantai pemandian karena konon dapat menyembuhkan macam-macam penyakit jika mandi di sana. Beberapa wahana yang bisa dikunjungi di kawasan ini adalah kebun binatang, penyewaan perahu, panggung hiburan, area bermain anak dan masih banyak lagi.

5. Kawasan Wisata Baturaden

Karena tempatnya yang terletak di selatan lereng Gunung Slamet, kawasan Baturaden ini memiliki hawa sejuk. Selain itu pengunjung juga dapat menikmati keindahan Pulai Nusakambangan, Kota Purwokerto, dan beberapa pantai indah yang terletak di Kabupaten Cilacap.

Yang terkenal dari Kawasan Baturaden adalah pemandian air hangat Pancuran Pitu dengan aroma belerang yang masih sangat menyengat. Bagi keluarga yang berlibur di sini juga disediakana Wana Wisata untuk area piknik dan berkemah.

6. Puri Maerokoco

Jika Anda ingin lebih banyak belajar mengenai kebudayaan di setiap kabupaten di Jawa Tengah, Puri Maerokoco adalah tempat yang tepat. Di sana Anda akan dapat menyaksikan berbagai macam kebudayaan khas dari setiap daerah di Jawa Tengah seperti pakaian, tarian, rumah adat, dan juga permainan tradisional.

Tempat ini cocok untuk wisata liburan anak-anak agar dapat mengenal lebih banyak mengenai kebudayaan di setiap daerah Jawa Tengah. Selain kebudayaan, ada beberapa wahana yang bisa Anda nikmati dengan keluarga seperti kereta keliling, perahu dan sepeda air.

7. Lawang Sewu

Bangunan yang memiliki nama dari Bahasa Jawa ini merupakan bangunan peninggalan pada zaman kolonial di Semarang. Meskipun Lawang Sewu memiliki arti pintu 1.000, namun kenyataannya bangunan ini tidak benar-benar memiliki pintu yang berjumlah 1.000.

Bangunan ini memiliki banyak pintu sehingga orang jawa menyebutnya dengan Lawang Sewu.

Lawang sewu dulunya dijadikan sebagai kantor pusat kereta api di Semarang. Hal ini bisa dilihat ketika Anda mengunjungi tempat ini akan ada banyak sekali miniature kereta yang dipajang , baik di meja maupun di dinding kaca.

Konon ketika orang masuk ke sana pada malam hari, akan terasa aura mistis yang akan menguji para pecinta uji nyali untuk menjelajahi bangunan kuno ini.

Meskipun demikian, Lawang Sewu sering dijadikan tempat fotografi dan syuting film karena keindahan dan keklasikannya.

Selain itu di depan Bangunan Lawang Sewu terdapat Tugu Muda yang merupakan symbol sejarah dari pertempuran 5 hari di Semarang. Di Tugu Muda ini juga disedikan bangku-bangku kecil untuk pengunjung menikmati pemandangan di malam hari.

8. Masjid Agung Jawa Tengah

Bangunan ikonik lainnya yang terletak di Semarang yaitu Masjid Agung Jawa Tengah. Bangunan ini dibangun mulai dari 2001 sampai 2006 yang mengadaptasi arsitektur Jawa, Romawi dan Islam.

Keasikan yang bisa Anda rasakan ketika mengunjungi masjid ini adalah ada tower masjid yang bisa Anda naiki, sehingga keindahan Kota Semarang bisa dinikmati dari ketinggian. Dengan merogoh kantong sekitar 7.000, Anda sudah bisa naik dan menikmati pemandangan dari tempat tinggi.

Selain itu ada payung raksasa yang fungsinya seperti payung di Masjid Nabawi. Selain sebagai tempat wisata yang bernuansa religi, masji ini bisa dijadikan tempat untuk latar belakang pernikahan, bahkan mengadakan pernikahan di sana.

9. Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

Keraton Kasunan Surakarta Hadiningrat ini merupakam peninggalan raja Islam zaman dulu yang hamper sama dengan keraton Yogyakarta.  Keraton yang dibangun oleh Paku Buwana II tahun 1744 ini sekarang dikelola Pemerintah Solo dan dijadikan tempat wisata bersejarah.

Ada banyak barang peninggalan keraton yang dipajang di sana, serta fragmen dari candi-candi di Jawa Tengah.

Selain sebagai tempat wisata, keraton ini juga biasa dijadikan tempat pagelaran budaya seperti Sekaten, Suranan, dan peringatan hari besar Islam yang lain dengan dilengkapi dengan kemeriahan uoacara budaya.

10. Candi Prambanan

Selain Candi Borobudur, masih mengenai tempat wisata yang berhubungan dengan sejarah yaitu Candi Prambanan. Candi Prambanan berada di Kabupaten Klaten yang berbatasan dengan Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Mungkin bagi sebagian orang sudah pernah mendengarkan cerita mengenai Roro Jonggrang meminta kepada Bandung Bondowoso untuk membangun 1.000 candi dalam waktu satu malam saja. Begitulah gambaran dasar tentang asal mula Candi Prambanan yang sudah populer di pulau Jawa dan sekitarnya.

Anda akan disuguhkan dengan hijaunya pepohonan di area candi yang dikelola oleh DIY dan Jawa Tengah karena letaknya di perbatasan kedua Provinsi. Kompleks Candi Prambanan adalah yang terbesar diIndonesia, namun sudah pernah mengalami beberapa pemugaran akibat gempa Yogyakarta pada tahun 2006. Meskipun sudah mengalami renifasi, hal ini tidak menghilangkamn keaslian dari bangunan itu sendiri.

Itulah 10 rekomendasi tempat wisata populer di Jawa Tengah yang bisa Anda kunjungi untuk menghabiskan waktu liburan bersama dengan keluarga maupun teman. Selamat berlibur!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *