DaftarTempat Wisata di Jawa Timur

tempat-wisata-di-jawa-timur
Gunung Bromo (foto: iStock)
ENJOYWISATA.COM | Jawa Timur merupakan salah satu propinsi di Indonesia yang banyak dijadikan tujuan wisata. Hal ini dikarenakan propinsi yang beribukota di Surabaya ini, memiliki banyak kekayaan alam dan peninggalan sejarah.

Hampir setiap kota dan kabupaten yang ada di Jawa Timur memiliki kawasan wisata.  Tentunya dengan keunggulan dan kearifan lokal yang sangat beragam dan menarik untuk dikunjungi.

10 Tempat Wisata di Jawa Timur Yang Populer

Setiap destinasi wisata selalu terbagi menjadi tiga hal. Yakni wisata alam, sejarah, dan kuliner. Ketiganya bisa Anda temukan di Jawa Timur, dan berikut adalah rangkuman tempat wisata yang wajib dikunjungi ketika berada di Jawa Timur:

  1. Taman Nasional Gunung Bromo

Berada di Kabupaten Probolinggo, Gunung Bromo memiliki pesona alam yang luar biasa. Tak heran jika gunung ini menjadi ikon pariwisata di Jawa Timur yang kemahsyurannya sudah bergaung di seluruh dunia.

Di kawasan Taman Nasional Gunung Bromo, Anda bisa mengagumi indahnya lautan pasir yang membentang. Anda juga bisa menyewa kuda jika terlalu lelah mendaki. Bahkan, Anda bisa menikmati pemandangan eksotis matahari terbit di kawasan yang bernama Pananjakkan.

Bagi para pendaki, Gunung Bromo selalu menyimpan kerinduan untuk kembali. Tingkat kesulitan pada jalur pendakian Gunung Bromo tergolong menengah, sehingga banyak menjadi tujuan para pendaki pemula. Para profesional pun selalu ingin kembali ke puncak Bromo, karena keindahannya yang tiada tara.

  1. Kawah Ijen

Fenomena alam yang sangat unik bisa Anda jumpai di tempat ini. Pasalnya, Kawah Ijen menyemburkan pendaran api berwarna biru. Untuk bisa menikmatinya, Anda harus mendaki di malam hari.

Di Kawah Ijen, Anda juga bisa menikmati bentangan alam yang sangat indah. Untuk yang satu ini, bisa dinikmati baik di malam hari dengan lampu kota di kejauhan, atau pemandangan sejuk sejauh mata memandang di siang hari.

Selain pemandangan, aktivitas masyarakat setempat juga mungkin menarik untuk Anda amati dari dekat. Kebanyakan penduduk lokal berprofesi sebagai penambang belerang, dan sejak pagi mereka sudah memulai kegiatannya.

  1. Museum Angkut

Kota Batu memiliki sebuah museum yang sangat unik, bernama Museum Angkut. Di tempat ini, Anda seolah berada di era yang lain, karena banyak menghadirkan mobil dan angkutan transportasi jaman dulu.

Suasana semakin berbeda karena pihak pengelola juga membangun settingan display yang disesuaikan dengan era tahun kendaraan yang ada. Pihak pengelola membangunnya seperti Hollywood dan bertema Eropa kuno.

Terdapat 300-an koleksi alat transportasi berbagai era, dari jaman kuno hingga modern. Tentunya, koleksi kendaraan di museum ini sangat cocok bagi Anda yang gemar berburu foto Instagramable.

  1. Taman Nasional Baluran

Taman seluas lebih dari 25 ribu hektar ini berada di dua wilayah, yaitu Banyuwangi dan Situbondo. Taman ini merupakan sabana yang sangat luas. Di musim hujan, akan tampil padang hijau sejauh pandangan mata.

Saat itu, Anda akan dapat melihat banyak hewan liar, seperti ayam hutan, banteng, dan lain sebagainya.

Lain lagi ketika musim kering sedang melanda. Taman ini seketika akan berubah menjadi padang kering yang sangat mirip dengan kondisi sabana di Afrika sana.

Kawasan taman nasional ini juga memiliki bagian pantai mangrove yang mencegah abrasi laut. Gunung Baluran juga berdiri gagah untuk Anda taklukkan lewat jalur hiking menantang.

  1. Gili Labak

Mendengar namanya, pasti Anda mengira tempat wisata ini herada di Nusa Tenggara. Padahal, Gili Labak berada di kawasan pemerintahan Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Tempat ini merupakan pantai dengan air yang tenang. Sehingga aktivitas wisata air bisa dilakukan di sini. Misalnya snorkeling, berenang, hingga diving. Kawasan ini didominasi pantai berpasir putih dengan air yang sangat jernih.

Untuk bisa pergi ke sana, terdapat perahu yang bisa disewakan. Tarifnya sebesar Rp. 350 ribu sekali jalan, yang berkapasitas 15 orang. Jika dibagi rata, perjalanan menyeberang itu hanya senilai Rp. 20 – 25 ribuan per orang.

  1. Pantai Klayar

Pacitan memiliki Pantai Klayar yang sangat alami. Pantai ini memiliki ombak yang cukup kuat, hempasan dari Samudera Hindia. Ombak dan angin laut mengikis karang selama ratusan tahun hingga meninggalkan ukiran alami yang sangat indah.

Deburan ombak yang membentur karang bahkan bisa membuat para pengunjung menjadi basah kuyup. Sekuat itulah ombak di sana, sehingga tidak disarankan untuk melakukan aktivitas air seperti berselancar maupun berenang.

  1. Pantai Plengkung

Banyuwangi memiliki daerah yang disebut dengan G-Land. Hal itu karena Pantai Plengkung memiliki ombak yang besar, sangat cocok untuk olahraga selancar.

Banyak wisatawan asing yang mengakui kehebatan ombak di pantai ini.

Keindahan pantai pun bisa dinikmati setiap saat. Pemerintah lokal sudah menyiapkan beragam fasilitas supaya pantai ini selalu ramai pengunjung. Sebaiknya, datang ke Pantai Plengkung di musim panas, ketika ombak cukup ramah untuk diselami.

Untuk bisa menuju ke sana, Anda harus membayar 2 kali tiket. Yang pertama untuk tiket masuk kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Tiket kedua adalah untuk menyeberangi kawasan hutan lindung. Masing-masing tiket dihargai senilai Rp. 5000 saja.

Fasilitas yang ada di pantai ini secara keseluruhan sangat menyesuaikan standar wisatawan internasional alias bule. Tak heran jika harga fasilitas yang dinilai baik itu, masih relatif mahal untuk wisaawan lokal.

  1. Kawasan Purbakala Trowulan

Di Mojokerto, Anda bisa menikmati dan mengagumi peninggalan sejarah situs purba Trowulan. Kawasan ini dulunya ditempati oleh Kerajaan Majapahit, semenjak masa kejayaannya hingga akhirnya runtuh.

Masih terpelihara dengan baik kolam segaran yang dahulu merupakan pemandian, bangunan-bangunan candi purbakala, hingga sebuah gapura yang diyakini merupakan jalan masuk menuju rumah sang patih, Gajah Mada.

Situs purba ini berada di tengah kota, sehingga tak sulit untuk mencapainya dengan kendaraan pribadi. Pemerintah setempat pun menyulap desa di sekitar situs ini menjadi desa wisata, yang dibangun dengan nuansa kuno.

  1. House of Sampoerna

Tak bisa dipungkiri, Sampoerna adalah salah satu produsen rokok tertua di Indonesia. Napak tilasnya bisa Anda saksikan sendiri di museum yang berada tak jauh dari pusat kota Surabaya ini.

Di gedung bergaya kolonial, House of Samporne menyajikan seluruh aspek bersejarah mereka. Mulai dari peralatan pembuat rokok tempo dulu, proses pembuatan rokok, hingga sepeda tua yang dahulu dipakai oleh pendiri Sampoerna untuk berjualan rokok keliling.

Khusu Anda yang doyan merokok setiap hari, berlibur dan melihat museum ini mungkin bisa menjadi alternatif menghabiskan waktu.

  1. Jatim Park

Konsep taman hiburan modern bisa Anda kunjungi di Batu Jatim Park. Kawasan ini dibagi menjadi dua di mana Jatim Park 1 merupakan pusat hiburan dengan berbagai wahana. Sementara Jatim Park 2 memiliki daya tarik dari Batu Secret Zoo dan juga museum fauna.

Tiket masuk kawasan wisata ini tergolong murah, mengingat banyaknya atraksi yang bisa Anda nikmati bersama keluarga. Sangat disarankan untuk mengunjungi tempat wisata ini di hari kerja. Sebab di saat liburan, kawasan ini sangat sesak dengan pengunjung.

Demikianlah 10 tempat wisata paling populer yang bisa Anda kunjungi di Jawa Timur. Wisata manakah yang paling menarik dan ingin Anda kunjungi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *