alun alun kidul

10 Tempat Wisata Populer di Jogja

29 views

Mendengar nama kota Jogjakarta, sudah pasti yang terlintas adalah beragam wisata yang ada di sana. Memang, selain sebagai kota pelajar, Jogja juga menjadi tujuan wisata yang menarik, terutama bagi para penjelajah dengan budget minim. Karena, bisa dikatakan segala hal di Jogja masih tergolong ramah di kantong.

Untuk urusan wisata, Jogja menawarkan pesona yang cukup banyak. Tempat-tempat wisata populer di Jogja ada yang memang alami, ada pula yang sengaja dibuat untuk kebutuhan komersil.

 

Tempat Wisata Paling Menarik di Jogja

Jika Anda baru pertama kali pergi ke Jogja, pastinya akan bingung menentukan tujuan wisata. Untuk itu, simak 10 destinasi wisata favorit di Jogja berikut ini:

  1. Candi Prambanan

Candi ini menyimpan kisah cinta yang pilu. Dibangun pada abad 9, candi ini mengisahkan tentang Roro Jongrang dan Bandung Bondowoso. Sang putri menolak halus pinangan Bandung Bondowoso, dengan wasiat agar dibuatkan 1000 buah candi dalam semalam.

Ketika mencapai candi ke 999, Roro jonggrang menggunakan akalnya agar Bandung Bondowoso gagal. Karena marah, Bandung Bondowoso kemudian mengutuk pujaan hatinya itu menjadi batu, untuk melengkapi jumlah candi sebanyak 1000 buah.

Candi ini menjulang ke langit dengan tinggi mencapai 47 m. Ornamen cantik di seluruh bagian candi ini terinspirasi dari ciri khas budaya Hindu yang sangat kental. Lokasi candi ini sekitar 17 km menuju arah timur dari kota Jogja.

Diperkirakan terdapat 240-an candi yang ada di kompleks Candi Prambanan. Sayangnya, hanya 18 yang bisa diselamatkan dan dipugar. 3 dari 8 candi terbesar ditujukan sebagai persembahan bagi dewa umat Hindu, yaitu Brahma, Wisnu, dan Siwa.

  1. Candi Ratu Boko

Kompleks istana megah ini bahkan lebih tua lagi dari Prambanan. Dibangun pada abad 8, candi ini dibangun oleh salah satu kerabat dari pendiri Candi Borobudur. Istana ini dibangun dengan tujuan untuk dijadikan tempat bersemadi atau menyendiri, guna mencapai posisi spiritual yang tinggi.

Candi ini sangat kental dengan ornamen Hindu, meskipun yang membangunnya adalah seorang penganut Buddha. Terlihat dari aplikasi Lingga serta Yoni, pahatan arca Ganecha, serta ornamen puja-puji kepada Dewa Rudra, nama lain dari Dewa Pemusnah, Siwa.

Tak banyak yang tahu, candi ini justru menjadi salah satu penanda awal bangkitnya kerajaan Jawa di tanah Sumatera. Adalah Balaputradewa, salah satu tokoh penting Kerajaan Mataram, yang lari ke Sumatera karena kalah oleh Rakai Pikatan. Di Sumatera, Balaputradewa kemudian mendirikan Kerajaan Sriwijaya, yang tak kalah kemahsyurannya.

  1. Tebing Breksi

Tempat ini merupakan lokasi wisata masa kini. Mayoritas pengunjung datang ke sini pada waktu sore hari menuju malam. Sebab, pemandangan kota Jogja dengan kerlip lampunya sangat indah dilihat dari tempat ini.

Beragam acara kebudayaan juga banyak menggunakan lokasi ini. Tentunya, menonton aneka kegiatan dengan latar tebing alamiah menjadi sesuatu yang tak terlupakan. Wisatawan yang datang pun berasal dari berbagai wilayah di sekitar Jogja, dan juga wisatawan asing.

  1. Pinus Pengger

Bagi Anda yang gemar mengumpulkan foto Instagramable, tempat ini adalah salah satu yang paling menarik di Jogja. Tempat ini merupakan hutan pinus yang cukup luas, dan dirawat secara khusus oleh pemerintah Jogja.

Terdapat juga hammock atau kasur gantung berwarna-warni dan bertingkat untuk dijadikan sebagai spot foto. Lupa membawa kamera? Tenang saja. Di lokasi wisata ini cukup banyak tukang foto keliling yang siap melayani Anda dengan harga yang cukup murah.

  1. Blue Lagoon

Tempat ini merupakan sebuah pemandian mata air alami, yang bernama asli Tirta Budi. Tirta artinya adalah sumber mata air, sedangkan Budi adalah nama seseorang yang mati tenggelam di sana beberapa puluh tahun lalu. Entah benar atau tidak, tempat ini menyajikan pesona yang sangat indah dan asri.

Disebut Blue lagoon, karena mata air di sana sangat jernih dan berwarna kebiruan saat tertimpa cahaya mentari. Konsep dasar lokasi wisata ini mengandalkan pemandangan dan sungai. Untuk bisa mencapai tempat ini, Anda terlebih dahulu harus menuju ke Kecamatan Sleman, dengan tiket masuk hanya Rp. 5000 per orang. Murah bukan?

  1. Jalan Malioboro

Tiba di Jogja menggunakan kereta api, pasti Anda akan langsung menuju jalan legendaris ini. Spot foto yang paling utama adalah papan penunjuk jalan Malioboro. Sepanjang jalan tersebut, Anda bisa menemukan berbagai barang-barang khas jogja.

Ada juga kuliner tradisional seperti gudeg dan lainnya. Di pagi hari, bahkan Anda bisa mencicipi bubur gudeg yang bercitarasa khas dengan rasa manis yang dominan.

Meski hanya merupakan sebuah jalanan lurus, nyatanya Jalan Malioboro sudah terkenal di mancanegara. Sebab, kawasan Malioboro dahulunya merupakan pusat bisnis di era kolonial Belanda.

Kini, Malioboro sudah berubah menjadi sebuah destinasi wisata, dengan banyak objek foto menarik, seperti Pasar Beringharjo, Tugu Nol KM, dan lain sebagainya.

  1. Alun-Alun Kidul

Alun-alun ini memiliki nama lain yaitu Alkid, atau tempat istirahatnya para roh spiritual. Oleh karena itu, saat ini banyak orang yang mendatangi lapangan ini dengan tujuan untuk menyendiri dan merenung.

Di alun-alun ini, terdapat sebuah tradisi kuno, yang dinamakan Masangin. Tradisi itu adalah melatih konsentrasi berjalan dengan mata tertutup sambil menyeberangi dua buah pohon beringin.

Ada kepercayaan jika Anda berhasil berjalan melintasi dua pohon itu dengan mata tertutup, maka permintaan Anda akan terkabul oleh Yang Maha Kuasa. Meski sedikit berbau syirik, tetap saja banyak orang yang mencobanya demi mengobati rasa penasaran.

  1. Museum Ulen Sentalu

Mulanya, tempat ini adalah tempat seorang kolektor benda kuno menyimpan koleksinya. Lama kelamaan, ia akhirnya membuka tempat ini untuk dinikmati publik. Museum ini terletak di kawasan Kaliurang, Jogjakarta.

Museum ini secara umum memberi gambaran tentang napak tilas sejarah Kerajaan Mataram yang terbagi menjadi 4 keraton di sekitar Jawa Tengah. Keraton tersebut adalah Kasunanan Surakarta, Praja Mangkunegaran, Kadipaten Pakualaman, dan Kesultanan Yogyakarta.

Umumnya tempat wisata bebas berfoto. Tetapi, tidak di tempat ini. Pengelola menerapkan aturan yang ketat dalam hal publikasi pribadi di tempat ini. Tapi, tenang saja. Pihak pengelola sudah menyediakan tempat khusus untuk berfoto, yang ditandai dengan papan pemberitahuan lokasi foto.

  1. Pantai Indrayanti

Jika Anda bosan dengan pantai di kawasan kota yang kotor, maka tidak dengan pantai yang satu ini. Kondisi di kawasan Pantai Indrayanti sangat dijaga agar tetap asri dan indah untuk dinikmati. Pemerintah setempat bahkan membangun gazebo yang bisa digunakan pengunjung untuk beristirahat.

Ketika senja mulai turun, suasana yang indah berubah menjadi syahdu dan romantis. Tak heran jika di petang hari akan bermunculan banyak pasangan muda untuk menikmati suasana yang penuh kasih di Pantai Indrayanti.

  1. Pantai Parangtritis

Pantai yang satu ini adalah primadona pantai selatan. Lokasinya hanya sekitar 27 km menuju selatan Jogja. Tempat ini terkenal dengan momen matahari tenggelamnya yang sangat teduh, dan bisa dinikmati sambil menaiki kereta kuda.

Ritual keagamaan juga banyak dilakukan di pantai ini. Maklum saja, pantai ini diyakini sebagai gerbang masuk menuju kerajaan gaib pimpinan Nyi Roro Kidul. Konon, sang ratu menguasai alam gaib di sekitar Jogja. Sehingga, pemimpin daerah Jogja harus senantiasa berhubungan baik dengan kanjeng ratu agar terhindar dari bencana.

Demikianlah ragam wisata menarik yang bisa Anda nikmati saat mengunjungi Jogja. Tentunya, berlibur ke Jogja akan menjadi saat yang tak terlupakan. Spot wisata Jogja mana yang ingin Anda datangi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *