Hobbitton Lembang

10 Tempat Wisata Populer di Lembang

59 views

Kawasan wisata Lembang dahulu tidaklah populer namun sejak banyak foto-foto liburan yang diposting di dunia maya, kecamatan dari Kab. Bandung Barat ini mulai banyak dilirik traveler.

Tempat wisata di Lembang hampir sama indahnya dengan area wisata lain yang ada di Kabupaten Bandung. Pengunjung biasanya betah berlibur ke sini karena cuacanya yang sejuk, cocok untuk berpetualang bahkan di siang hari.

Belakangan ini pemerintah Lembang sedang giat-giatnya membangun tempat wisata terbaru. Ada kota mini yang masih satu kawasan dengan  floating market bahkan kebun bunga yang cantik.

Bisa dibilang, liburan ke Lembang memang jauh lebih nyaman bila dilakukan selama beberapa hari sehingga traveler bisa menjangkau seluruh tempat populer yang direkomendasikan.

 

Berikut Daftar 10 Tempat Wisata Populer Di Lembang

Entah berlibur selama sehari atau beberapa hari, jadwal liburan di Lembang sangat padat. Namun sebagai permulaan, pastikan berkunjung ke sepuluh tempat paling menarik berikut ini:

  1. Observatorium Bosscha

Bosscha dibangun oleh pemerintahan Belanda, tepatnya sejak 1923-1928. Nama observatorium ini tentu tidak asing terutama bagi penggemar setia film Petualangan Sherina. Observatorium Bosscha memang digunakan sebagai salah satu setting tempat dari film anak-anak tersebut.

Sebagaimana fungsi observatorium pada umumnya, Bosscha dimanfaatkan untuk meneropong bintang. Tempat ini memiliki teleskop bintang yang sangat besar, para pengunjung yang datang umumnya mereka yang tertarik dengan ilmu perbintangan.

  1. Farm House Lembang

Tidak begitu jauh dari Universitas Pendidikan Indonesia, kita bisa menemukan sebuah bangunan unik yang menyajikan konsep arsitektur Eropa dengan gaya vintage yang sangat kental. Farm House ini menjadi salah satu daya tarik dari Lembang, kebanyakan traveler domestic akan berkunjung ke sini selama di Lembang.

Selain mengagumi keindahan bangunannya, para pengunjung Farm House Lembang tidak akan lupa mengabadikan potret selfie dengan latar belakang Farm House yang unik.

Menariknya, tiket masuk ke sini bisa ditukar dengan susu murni pilihannya pun banyak ada rasa stroberi, cokelat dan vanilla.

  1. De’Ranch

Mau menjadi cowboy tapi tidak mampu berlibur ke Amerika? Maka pergi saja ke De’Ranch Lembang. Tempat ini menawarkan konsep ranch keluarga di mana pengunjungnya bisa merasakan nuansa liburan ala cowboy termasuk menunggang kuda.

Menjangkau tempat ini pun tidak sulit karena jaraknya yang hanya beberapa menit saja bila kita berkendara dari Alun-alun Lembang. Karena sudah ada di peternakan, pastikan jangan hanya mengamati kudanya saja coba juga bagaimana cara menaiki dan menunggang kuda.

  1. Taman Begonia

Mencari tempat wisata yang cocok untuk keluarga di Lembang merupakan pekerjaan rumah yang sulit. Tapi bukan berarti mustahil, selain mengunjungi De’Ranch kita bisa pergi ke Taman Begonia.

Taman ini menawarkan pemandangan indah dari aneka bunga warna-warni, lokasi wisata yang tidak hanya disukai oleh orang dewasa tapi juga anak-anak.

Koleksi bunga di sini memang sangat banyak, pengunjung bisa memanjakan mata dengan melihat geranium, salvia, melampodium maupun celosia dan lainnya. Karena berada di Taman Begonia, jangan lupa untuk mengambil selfie dengan background bunga.

  1. Kota Mini Lembang

Tempat wisata ini masih satu area dengan floating market, jadi setelah puas berbelanja atau sebelum belanja di pasar terapung pastikan berkeliling ke sini. Seperti namanya, tempat ini menawarkan berbagai bangunan dalam bentuk mini.

Ada banyak fasilitas yang ditawarkan, bahkan anak-anak yang berkunjung bisa mencoba berbagai bidang pekerjaan karena di Kota Mini Lembang tersedia banyak alat peraga tiruan menyesuaikan dengan profesi tertentu.

  1. Gunung Putri Lembang

Berlokasi di Jayagiri, tempat wisata ini letaknya cukup berdekatan dari Tangkuban Perahu. Selain menikmati keindahan wisata alamnya, traveler pun bisa ikut menyingkap sejarah yang ada di gunung ini.

Konon Gunung Putri Lembang di zaman VOC merupakan sebuah benteng.

Sayangnya benteng tersebut terbengkalai, namun direnovasi kembali pada perang dunia pertama. Selain berhubungan dengan peninggalan Belanda, Gunung Putri pun kabarnya berkaitan dengan Cerita Sangkuriang.

  1. Dusun Bambu

Berkeliling dari satu desa ke desa lain di Kabupaten Bandung akan membuat kita menemukan Dusun Bambu. Tempat wisata ini bernuansa hijau karena memiliki konsep R3 (reduce , recycle, dan reuse). Dikatakan demikian, karena Dusun Bambu dibangun dengan material recycle.

Para pengunjung yang datang ke sini bisa menikmati pemandangan atau sekedar menikmati wisata kuliner sambil bernaung di bawah pepohonan nan rimbun. Dusun Bambu pun menyimpan sejarah dan budaya Sunda, kita bisa mengambil pelajaran berharga darinya.

  1. Rainbow Garden

Merupakan atraksi baru yang ditawarkan dari floating market. Rainbow Garden tidak hanya menampilkan keindahan bunga namun turut menyediakan edukasi.

Di tempat ini traveler bisa melakukan banyak hal termasuk melihat green house atau bahkan mengagumi tanaman organik.

Bagi yang suka dengan bunga maupun tanaman, ada satu spot khusus yang menjadi tempat belanja bibit bahkan peralatan berkebun lainnya. Fasilitas yang ditawarkan di Rainbow Garden terbilang sangat lengkap, ada rumah makan, toilet, fasilitas beribadah dan lahan parkir yang luas.

Selain menarik bagi pecinta tanaman dan bunga, tempat ini memang ditargetkan untuk wisata keluarga dan rombongan. Areanya sangat luas jadi pengunjung tidak akan mudah bosan karena setelah mengunjungi satu spot bisa segera pindah ke spot berikutnya.

  1. Taman Lembah Dewata

Referensi selanjutnya tidak kalah hits dari delapan tempat sebelumnya. Karena Taman Lembah Dewata menawarkan spot menarik yang saking mempesonanya sampai digunakan sebagai lokasi pre wedding.

Tempat ini memang sangat hits terutama di kalangan muda mudi Lembang, banyak yang ke sini bersama pasangan atau keluarga.

Untuk menikmati pemandangan lembah yang indah, pengunjung bisa menaiki rakit atau perahu milik pengelola. Bisa juga mengikuti Paket Pony Riding di mana Anda akan berkuda untuk menelusuri Taman Lembah Dewata.

  1. Hobbitton Lembang

Destinasi wisata terakhir yang sangat direkomendasikan ini mengunsung konsep yang sangat unik, terinspirasi dari Film The Hobbit pihak pengelola kemudian merintis Hobbitton Lembang.

Jadi bila tertarik untuk melihat rumah hobbit dari dekat, kita tidak perlu pergi jauh ke Benua lain cukup ke sini saja.

Fitur yang ada pada Hobbitton Lembang termasuk lengkap, di dalam rumah kita bisa menemukan meja makan, tempat tidur bahkan toilet. Tentu saja semua furniture dan ruangan tersebut tersaji dalam bentuk super mini menyesuaikan dengan postur tubuh hobbit yang mungil.

Menemukan Hobbitton Lembang bukan PR yang sulit, karena tempat ini masih satu rumpun dengan Farmhouse. Setelah puas bermain di Farmhouse, traveler bisa melanjutkan petualangan ke sini.

Mencintai negeri sendiri merupakan perwujudan dari menghargai jasa para pahlawan kita. Dari pada membuang banyak uang dengan berlibur ke luar negeri, jauh lebih bijaksana jika melestarikan kekayaan kota wisata di negeri sendiri.

Salah satunya dengan berlibur ke Lembang, sebagai kota wisata di Jawa Barat tempat ini cocok untuk menemani liburan singkat yang menyenangkan.

Sebagai referensi, ada 10 tempat wisata populer di Lembang yang sangat hits belakangan ini. Pastikan untuk berkunjung ketika Anda memiliki Lembang sebagai agenda tour wisata di tahun ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *