Wisata-ke-Danau-Toba

10 Tempat Wisata Populer di Medan

35 views

Medan, Sumatera Utara, adalah kota terbesar ke-tiga di Indonesia. Medan memiliki keragaman dalam hal budaya dan suku. Beberapa suku mayoritas di sana antara lain adalah Suku Batak, Jawa, Tionghoa, dan tentu saja Melayu.

Tak cuma budaya, Medan juga menyimpan sangat banyak lokasi wisata yang menarik untuk dikunjungi saat momen liburan tiba. Mulai dari wisata alam, kuliner, hingga kontemporer. Anda pun bisa memilih jenis wisatanya, mulai dari tradisional hingga modern.

 

Beragam Destinasi Wisata di Medan

Mengunjungi Medan, rasanya tak lengkap jika tidak mengunjungi beberapa tempat wisata ikonik berikut ini:

  1. Danau Toba

Danau kebanggaan Indonesia ini adalah danau alami yang terbentuk dari proses vulkanik. Danau ini bahkan pernah dinobatkan sebagai danau vulkanik terbesar di dunia. Danau Toba menjadi wisata alam paling menarik di kawasan Sumatera Utara.

Danau ini menghadirkan air yang jernih dengan pesona pemandangan yang cantik. Terutama daya tarik pulau samosir. Pulau tersebut juga memiliki banyak legenda menarik untuk dipelajari.

  1. Menara Pandang Tele

Di Pulau Samosir, tak lengkap rasanya jika Anda melewatkan kunjungan ke menara ini. Menara Padang Tele memiliki 3 tingkat ketinggian. Dari setiap tingkatan, Anda bisa melihat keindahan Pulau Samosir. Yang paling indah tentu saja dari puncak teratas.

Spot wisata ini sangat tepat bagi Anda yang gemar dengan fotografi lansekap.

Dari ketinggian, Anda bisa memotret atau sekadar menikmati indahnya pesona Danau Toba yang membentang luas. Dari tempat yang sama, Anda bisa melihat kawasan pemukiman penduduk yang dinaungi dengan megahnya Gunung Pusuk Bushit.

  1. Upside Down World

Konsep wisata modern ini menghadirkan ruangan fotogenic, dengan nuansa yang serba terbalik. Anda bisa melakukan sesi foto dengan latar belakang yang unik, dengan pilihan setting seperti kamar, ruang tamu, ruang makan, dan ruangan lainnya yang lumrah menjadi bagian dari sebuah rumah.

Tak cuma seisi rumah, tempat ini bahkan memiliki setting sebuah warung durian terkenal yang terbalik.

Durian Medan memang menjadi salah satu kuliner yang paling diburu. Tempat ini terletak di pusat kota Medan, tepatnya di Jalan KH. Wahid Hasyim Nomor 29. Siapkan ide pose terbaik Anda saat ingin berkunjung ke tempat ini.

  1. Vihara Adhi Maitreya

Vihara ini memiliki desain bangunan yang menarik dan unik. Selayaknya rumah ibadah, suasana di tempat ini sangatlah tenang. Di sekeliling kompleks vihara ini, Anda bisa mendapati patung Dewi Kwan In, yang merupakan sosok suci untuk umat Buddha.

Vihara ini berdiri di lahan seluas lebih dari 4 hektar. Dibangun pada tahun 1991, bangunan rumah ibadah ini memiliki pesan yang kuat pada desain arsitekturnya. Maknanya adalah gambaran ajaran Buddha Maitreya.

Di salah satu sudut vihara yang digunakan untuk berdoa, terdapat juga sebuah taman yang dirancang layaknya taman di Beijing. Di sana, terdapat kolam berisi ikan koi yang sangat bisa membuat Anda melupakan penat sejenak.

Karena lokasinya berada di pusat kota, maka Anda bisa mencapainya dengan mudah menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

  1. Kampung Ladang

Lokasi wisata ini bukanlah sebuah desa wisata. Namun, dibangun khusus sebagai lokasi wisata outbound. Di dalamnya, menampilkan suasana yang cantik dengan banyak spot foto foto. Tak heran jika banyak pasangan melakukan pemotretan pra-nikah di lokasi ini.

Salah satu objek foto paling menarik di sini adalah sebuah replika batu bersusun yang mirip dengan Candi Ratu Boko. Objek foto lainnya seperti ayunan, pepohonan rindang, dan taman bunga.

Pengelola setempat membebaskan pengunjung untuk melakukan sesi foto, dengan tarif yang berkisar di angka Rp. 1,5 juta untuk kebutuhan pemotretan khusus.

  1. Kampung Keling

Ragam ras di Medan sangat banyak. Salah satunya adalah keturunan India, yang sudah masuk ke Indonesia lewat jalur perdagangan pada abad 19 silam. Kala itu, keturunan India dari etnis Tamsil datang dan menetap di kampung ini, hingga sekarang ini.

Nah, Anda bisa menikmati suasana selayaknya di India di Kampung Keling. Di tempat ini Anda bisa menemukan banyak hal yang bertema India, khususnya pada bangunan-bangunan yang ada.

Tak cuma arsitektur, Anda juga bisa mencicipi kuliner khas India yang menggugah selera. Tak salah jika tempat ini mendapatkan julukkan India Kecil, alias The Little India.

Meskipun menggambarkan kultur India, nyatanya kampung ini sangat baik dalam hal hidup berdampingan dan toleransi antar umat beragama. Sebab, di kampung ini juga hidup masyarakat Buddha, Hindu, dan juga Islam.

  1. Cagar Alam Sibolangit

Tempat ini menawarkan sensasi yang sunyi. Maka dari itu, Cagar Alam Sibolangit menjadi pilihan mereka yang ingin melepaskan diri sejenak dari rasa penat setelah lelah beraktivitas di hari kerja. Tempat ini memiliki nuansa yang sejuk dengan lingkungan yang masih asri.

Memang, tempat wisata ini mengedepankan penghijauan, sebagai bentuk perlawanan terhadap global warming yang semakin parah. Dengan demikian, diharapkan para pengunjung akan tergugah untuk senantiasa merawat alam yang semakin tua ini.

  1. Funland

Salah satu tempat bermain untuk anak-anak terbaik di Medan adalah Funland Mickey Holiday. Meski lokasinya cukup jauh, sekitar 3 jam dari pusat kota Medan, namun tempat ini tetap ramai dikunjungi. Sebab, wahana yang ada di tempat tersebut mirip dengan Disneyland.

Tempat ini merupakan pusat hiburan terbesar pertama yang ada di Medan. Di dalamnya, terdapat sekitar 35 wahana yang bisa dimainkan bersama keluarga.

Beberapa wahana yang bisa dinikmati seperti raffling, permainan menembak, paint ball, hingga permainan outbound. Yang paling menarik adalah kereta coaster yang terbuat dari kayu. Tentu saja sensasinya akan berbeda dengan roller coaster pada umumnya.

Ingin mengunjungi tempat ini? Datang saja ke Jl. Letnan Jendral Jamin Ginting di Kecamatan Brastagi, Sumatera Utara.

  1. Merci Barn

Tempat ini menawarkan pemandangan yang sangat berbeda. Anda akan merasa sedang berada di perkampungan tradisional Belanda. Sebab, di sana terdapat sebuah lumbung yang disertai dengan kincir angin. Tinggi kincir tersebut mencapai 22 meter.

Bangunan ini terdiri dari dua lantai. Masing-masing lantai memiliki daya tariknya tersendiri. Seperti benda-benda unik khas Belanda yang terkumpul di lantai satu. Sementara di lantai dua Anda akan menemukan ruangan dengan banyak cermin.

Sejatinya, bangunan ini adalah kantor pemasaran dari sebuah perumahan elit. Sehingga, Anda tak bisa bebas memasukinya. Meski begitu, cukup mudah untuk menikmati keindahan di dalamnya, cukup dengan ijin terlebih dahulu kepada pihak keamanan setempat, dan tanpa tiket masuk.

  1. Istana Maimun

Istana ini sangat kental dengan nuansa wisata sejarah. Bangunan ini memiliki konsep desain yang menarik, memadukan gaya arsitektur khas Melayu, Eropa Latin, India, dan Timur Tengah. Tak heran jika tempat ini mendapat gelar sebagai istana terindah yang ada di Indonesia.

Istana ini memiliki 30 ruang yang disebar di seluruh kompleks istana. Bangunan ini merupakan warisan dan bukti kejayaan Kesultanan Deli, 125 tahun lalu. Meski sudah sangat berumur, keindahan istana ini tetap terjaga seperti sedia kala.

Di dalam istana ini, Anda juga bisa melihat Meriam Puntung. Hikayat Melayu mengisahkan meriam itu adalah jelmaan dari Mambang Khayali, yang berusaha mempertahankan istana dari serangan Kerajaan Aceh.

Itulah tadi daftar 10 tempat menarik untuk berwisata di Medan. Tertarik untuk mengunjunginya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *