Tempat Wisata di NTB Yang Populer & Menarik

gili-trawangan-lombok
ENJOYWISATA.COM | Wilayah Nusa Tenggara Barat sudah cukup lama menjadi tujuan wisata di kawasan Indonesia timur. Propinsi NTB memang memiliki keindahan alam yang relatif masih asli, karena belum banyak dikontaminasi oleh industri.

Nah, di NTB sendiri terdapat cukup banyak spot wisata. Mulai dari wisata alam, wisata budaya, dan lain sebagainya.

Ragam pilihan tempat iwisata tersebut seakan mengukuhkan pendapat bahwa Indonesia memang dianugerahi banyak potensi wisata.

10 Tempat Wisata di NTB Yang Populer dan Menarik

NTB merupakan wilayah yang berupa kepulauan, Lombok dan Sumbawa. Itu sebabnya, mayoritas tujuan wisata di sana adalah pantai. Selain itu, terdapat pula beberapa gunung dan desa yang sering menjadi objek wisata. Apa saja 10 tujuan wisata di NTB? Yuk kita cari tahu..

  1. Pantai Pink

Pantai unik ini merupakan salah satu yang paling terkenal di NTB. Berlokasi di Lombok, pantai ini memiliki hamparan pasir yang berwarna pink. Sejauh ini, penelitian mengatakan bahwa hanya ada 7 pantai dengan pasir berwarna pink di dunia, dan dua di antaranya ada di Indonesia, yakni Lombok dan Pulau Komodo.

Sejatinya, pantai ini memiliki nama asli Pantai Tangsi. Namun, pendatang yang mengunjunginya lebih sering menyebutnya dengan nama Pantai Pink.

Selain pasirnya yang unik, pantai ini menawarkan panorama laut yang indah, dengan air yang jernih, berpadu dengan jajaran dataran tinggi di sekelilingnya.

  1. Gili Trawangan

Pantai yang satu ini berada di kawasan pedesaan Gili Indah. Kawasan wisata ini menjanjikan keindahan yang luar biasa. Penduduk lokal pun banyak beralih profesi menjadi pengusaha sewa perahu, yang bisa Anda gunakan untuk menjelajahi pantai dan lautan.

Dengan menggunakan perahu, Anda bisa berenang sedikit ke tengah. Tak perlu takut berenang di perairan yang cukup dalam, karena Gili Trawangan memiliki karakter ombak yang cukup tenang. Sehingga Anda bisa menikmati snorkeling dan menyelam di air yang sangat jernih.

Snorkeling mungkin menjadi cara paling tepat untuk menikmati alam bawah laut di sini. Sebab, Gili Trawangan juga terkenal dengan keindahan terumbu karang yang masih terjaga keasliannya. Ditambah lagi, cukup banyak spesies ikan tropis berwarna-warni yang menemani kegiatan liburan Anda di sana.

Senja hari di Gili Trawangan pun dianggap sebagai salah satu yang paling indah. Sebab, ketika mentari kembali ke tempat peraduannya, Anda akan disuguhkan pemandangan langit luas dengan semburat keemasan berlatarkan megahnya Gunung Agung.

  1. Pantai Senggigi

Kawasan pantai di Lombok berikutnya adalah pantai Senggigi. Pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Meski demikian, Anda tak akan merasa sesak di sini. Sebab, kawasan ini memiliki garis pantai yang cukup panjang. Sehingga, nuansa ‘surga tersembunyi’ masih bisa dirasakan.

Pantai Senggigi memiliki pasir yang bergradasi warna, dari putih ke hitam. Debur ombaknya pun cukup tenang, tidak terlalu besar, sehingga sangat tepat sebagai teman relaksasi di pinggir pantai. Tak heran jika wisatawan, baik lokal maupun mancanegara memfavoritkan tempat ini.

  1. Gunung Rinjani

Gunung yang satu ini tak pelak menjadi primadona di kalangan pendaki. Tak heran, karena gunung ini merupakan gunung berapi yang masih aktif tertinggi ke-dua di Indonesia. Gunung Rinjani seakan memiliki magnet yang membuat para pendaki, baik profesional maupun amatir, untuk selalu kembali.

Jika Gunung Semeru mempunyai Ranu Kumbolo, maka Gunung Rinjani pun memiliki hamparan danau yang bernama Segara Anak. Sebab, air di danau itu terlihat berwarna kebiruan, layaknya lautan.

Segara Anak memang diartikan sebagai ‘anak laut’. Dari pinggir Segara Anak, Anda bisa menikmati megahnya puncak Batu Jari. Gunung tersebut berada di tengah danau, dan masih menyemburkan sulfur dari tengah kawahnya.

Dan masih banyak lagi keindahan Gunung Rinjani, yang bahkan masuk ke dalam daftar 7 puncak tertinggi di Indonesia, dengan ketinggian 3726 m di atas permukaan laut.

  1. Gunung Tambora

Gunung berapi yang masih aktif ini terdapat di Pulau Sumbawa, NTB. Gunung Tambora merupakan gunung berapi yang tercatat secara internasional. Sebab, ia pernah meletus di tahun 1815 silam. Letusan itu memiliki dampak global, dan dikatakan sebagai salah satu letusan terburuk dalam sejarah manusia.

Namun, hal terindah terkadang hadir dari hal terburuk. Begitu juga halnya dengan Gunung Tambora. Meski pernah membunuh banyak nyawa karena erupsinya, Tambora kini menyisakan setidaknya satu hal, yakni keindahan.

Yang paling utama adalah kaldera gunung ini yang sangat dahsyat. Dan untuk mencapainya, Anda akan melewati jalur pendakian yang menyuguhkan panorama indah sepanjang jalan. Mulai dari kawasan hutan datar, kekayaan flora dan fauna setempat, dan lain sebagainya.

Ada lima jalur untuk mendaki Gunung Tambora. Anda bisa memilih untuk mendaki dengan berjalan kaki, atau menggunakan kendaraan khusus medan berat. Wah, backpack vs koper sangat berlaku di Tambora, ya?

  1. Ai Renung

Di NTB, juga terdapat sebuah situs bernama Ai Renung. Kawasan ini merupakan cagar budaya, karena terdapat benda-penda purbakala, peninggalan jaman megalitikum. Peninggalan pra sejarah itu berbentuk ukiran batu beragam bentuk. Mulai dari topeng, hewan melata biawak, hingga ada juga yang menggambarkan alat kelamin manusia.

Setiap gambar yang diukir, memiliki makna yang sangat dalam. Misalnya, gambar biawak dan figur perempuan menggambarkan seekor binatang sebagai arwah penjaga manusia di dunia.

Masyarakat setempat meyakini bahwa situs tersebut dahulu didiami oleh kerajaan yang pimpinannya bernama Datuk Ai Renung. Dari sanalah, nama situs ini dikenal hingga kini.

  1. Air Terjun Lady Di

Nama sebenarnya adalah Air Terjun Mata Jitu. Namun, putri Diana pernah mengunjunginya, sehingga spot wisata ini pun terkenal dengan nama sang mendiang putri.

Tempat ini berada di Dusun Oiramu, Kabupaten Sumbawa.

Air terjun ini memiliki air yang jernih, dan mengalir ke 7 kolam berbeda. Karena kepercayaan masyarakat setempat, Anda tak boleh berendam di semua kolam tersebut. Untungnya, pihak pengelola kawasan wisata ini sudah menyiapkan kolam khusus bagi wisatawan yang ingin bermain air.

  1. Desert Point

Bagi Anda penggemar olahraga selancar air, maka tempat ini adalah tujuan yang tepat. Desert Point memiliki ombak yang ganas, bahkan termasuk dalam daftar 10 tempat terbaik versi organisasi selancar internasional.

Untuk menuju ke sana, Anda bisa naik kapal penyeberangan dari Bali ke kawasan Lembar yang berada di wilayah Lombok. Desert Point berada di pesisir barat daya wilayah Lombok.

Masyarakat setempat menyebut kawasan ini dengan nama Bangko-Bangko.

  1. Desa Poto

Desa Poto memiliki keunikan karena masih sangat tradisional. Belum banyak teknologi modern di sana. Sehingga, banyak wisatawan datang untuk melihat kebudayaan lokal yang belum terkontaminasi.

Di desa ini Anda bisa melihat proses pembuatan kain tenun tradisional, kerajinan gerabah, hingga berbagai atraksi dan permainan tradisional. Untuk melihat permainan rakyat itu, Anda harus menjadwalkan kedatangan pada masa pasca panen.

  1. Dusun Sade

Dusun ini merupakan tempat tinggal masyarakat lokal yang masih menjalankan adat dan budaya suku Asmat. Desa ini berada di kawasan Lombok Tengah. Keaslian budaya dan cara hidup di Dusun Sade, menjadi daya tarik wisata.

Di dusun ini, semua hal masih sangat kuno. Mulai dari bangunan yang didirikan dari anyaman bambu, dan ditutupi atap dari rumput alang-alang yang sudah dikeringkan.

Uniknya, setiap rumah di dusun ini sudah dilapisi dengan kotoran ternak. Masyarakat setempat meyakini lantai dan dinding yang dilumuri kotoran hewan akan terasa semakin nyaman dan tidak berdebu.

Demikianlah 10 tujuan wisata yang patut Anda datangi ketika pergi ke Nusa Tenggara Barat. Tak cuma pantai, Anda juga bisa menikmati berbagai jenis wisata yang menarik. Jadi, siapkan koper Anda dan mari berangkat ke NTB…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *