10 Tempat Wisata di Padang – Sumbar

Tempat-Wisata-Populer-di-Sumatra-Barat
ENJOYWISATA.COM | Jatah cuti tahun ini masih banyak dan bingung mau berwisata ke mana? Jika selama ini Anda mengarahkan tujuan destinasi lebih banyak ke timur Indonesia, coba pertimbangkan untuk traveling di Indonesia bagian barat.

Salah satu opsi yang bisa dipertimbangkan ialah Padang, salah satu kota yang terkenal karena kuliner rendangnya.

Ya, kota dengan jumlah penduduk hingga 1 juta jiwa ini sebenarnya punya banyak destinasi menarik yang sayangnya belum banyak kedengaran gaungnya di kalangan penikmati traveling nusantara.

10 Tempat Wisata di Padang Populer & Menarik

Ingin tahu 10 wisata populler yang ada di Padang yang cocok untuk menghabiskan waktu selama disana? Yuk simak ulasannya disini.

  1. Danau Maninjau

Lokasi wisata alam ini merupakan salah satu tempat favorit wisawatan yang datang ke Sumatera Barat. Danau vulkanik yang masuk sebagai salah satu danau terbesar di Indonesia ini konon paling ciamik dinikmati dari kelok 44.

Terletak di ketinggian 460 mdpl, tempat ini juga ramah terhadap aktivitas keluaga karena menyediakan berbagai kuliner jika hanya ingin duduk santai ditemani semilir angin pegunungan.

Selain itu, pengunjung juga bisa memancing di areal danau atau naik perahu maupun kano berkeliling danau seluas 100 km persegi ini.

  1. Masjid Raya Sumatera Barat

Dikenal dengan tradisi muslim yang kuat, tidak sah rasanya jika tidak berkunjung ke Masjid Raya Sumatera Barat saat berkunjung ke Padang.

Tempat ibadah umat muslim yang berlokasi di Jl. Khatib Sulaiman ini menarik karena gaya arsitekturnya yang menyadur rumah adat Minangkabau. Desain ikoniknya berupa sudut di keempat sisi yang serupa dengan rumah adat suku asli Padang itu.

Dengan luas 4.430 meter, masjid ini diperkirakan mampu menampung hingga 6.000 jemaah.

  1. Jembatan Siti Nurbaya

Minangkabau terkenal karena kisah cinta tragis Siti Nurbaya karya Marah Rusli. Tokoh cerita inilah yang namanya diambil untuk jembatan yang berlokasi di kawasan Kota Tua Padang.

Terdapat beberapa bangunan kolonial di sekitar jembatan ini, cocok bagi Anda penggemar wisata sejarah. Selain itu, jembatan ini juga cukup menarik menjadi objek foto, khususnya pada malam hari ketika lampu di tiang-tiang tinggi tersebut menyala.

Suasana malam yang syahdu di sekitar jembatan juga bisa dinikmati dengan bersantap di pusat jajanan yang berlokasi tak jauh dari jembatan.

  1. Pulau Pagang

Destinasi yang jadi buah bibir warganet ini dikenal karena pemandangannya yang indah. Berlokasi tak jauh dari Kota Padang, Anda hanya butuh berkendara dengan boat selama sekitar 40 menit untuk mencapainya.

Sesampainya di sana, Anda bisa menikmati berbagai aktivitas mulai dari berenang, memancing, menyelam, dan berkemah.

Pulau ini juga menawarkan pemandangan bawah laut yang sangat indah sehingga snorkeling menjadi kegiatan yang amat disarankan di sini. Anda juga bisa menginap di berbagai penginapan dan cottege yang tersedia.

Selain itu, fasilitas umum seperti mushola, toiler, area berkemah dan penyewaan peralatan snorkeling juga lengkap di sini.

  1. Air Terjun Lembah Anai

Air terjun setinggi 35 meter ini mudah dijumpai karena berlokasi di tepi jalur Padang-Padang Panjang. Berbeda dari air terjun lainnya, kita tidak perlu berjalan terlalu jauh untuk bisa sampai ke air terjun ini.

Itulah alasannya objek wisata ini cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Anda cukup membayar karcis sebesar Rp5.000 per orang untuk masuk ke areal ini.

Berbagai fasilitas pendukung seperi lahan parkir luas, kios pedagang suvenir, rumah makan, dan penginapan juga kini tersedia seiring dengan kepopulerannya.

  1. Pantai Padang

Pantai yang juga populer dengan nama Taplau ini terletak tepat di jantung Kota Padang. Taplau diambil dari kata tapi lauik yang berarti tepi laut dalam bahasa minang.

Anda bisa menikmati matahari tenggelam di di pantai yang tak hanya populer di kalangan pelancong namun juga warga lokal ini.

Anda bisa datang dengan bus pariwisata yang disediakan gratis maupun menginap di hotel yang banyak tersedia di sekitar pantai. Berbagai kuliner seperti sala lauak, pisang,jagung bakar, langkitang, es kelapa muda, dan kerupuk kuah menjadi pilihan kuliner yang bisa dinikmati sembari menghirup udara pantai.

  1. Pantai Air Manis

Pantai ini terkenal karena menjadi latar kisah Malin Kundang yang kerap diceritakan ulang di banyak generasi. Pasalnya, ada batu yang dipercaya merupakan jelmaan si anak durhaka itu.

Belakangan, surfing menjadi salah satu kegiatan yang paling menarik minat wisatawan di sini. Pemandangan eksotis pantai dengan ombak yang menantang menjadi poin utama.

Jika air sedang surut, Anda juga bisa berjalan kaki menuju Pulau Pisang yang terletak di sebrangnya.

  1. Museum Adityawarman

Museum ini berada dekat dengan Pantai Padang dengan bentuk rumah gadang. Selain itu, terdapat tugu gempat di halamannnya sebagai bagian peringatan bencana yang terjadi beberapa tahun silam itu.

Namanya diambil dari nama raja Malayapura yang berkuasa di wilayah itu berabad yang lalu. Berbagai koleksi tersedia di museum tersebut termasuk diorama dan foto sejarah perkembangan budaya Sumatera Barat.

  1. Pulau Mandeh

Pulau ini dijuluki sebagai Raja Ampatnya-nya Sumatera Barat. Pasalnya, pulau ini dilengkapi dengan gugusan pulau kecil yang berada di baian tengah Teluk Carocok Tarusan. Lokasinya bisa ditempuh dengan satu jam perjalanan darat dari Kota Padang.

Berbagai kegiatan wisata air bisa dilakukan di sini mulai dari snorkeling hingga diving. Sangat disarankan untuk menyewa perahu selama satu hari penuh dengan tarif berkisar Rp700.000 agar bisa mengelilingi pulau sekitar sepuas hati.

Meski pulau ini baru naik pamornya di kalangan wisatawan lokal beberapa waktu belakangan, destinasi ini sudah sangat populer di mancanegara.

  1. Kampung Cina

Pecinan di Kota Padang ini menjadi bukti akulturasi yang sempurna antara warga masyarakat di sana. Terdapat berbagai bangunan tua peninggalan Belanda dan Tionghoa di kawasan ini. Karena itu, daerah ini pas bagi Anda yang berminat pada wisata sejarah dan bangunan tua.

Namun, belakangan tempat ini juga populer bagi lokasi fotografi maupun selfie di generasi muda.

Kampung Cina berada di sisi Sungai Batang Arau dengan jarak 2 kilometer dari pusat kota. Daya tarik utamanya ialah Klenteng Shie Hien Kong yang dibangun pada abad ke-19. Bangunan ini masih difungsikan sebagaimana dahulu sebagai tempat ibadah bagi pemeluk ajaran Taoisme.

Selain itu, warga setempat juga kerap berkunjung ke daerah pecinan ini karena wisata kulinernya yang terkenal lezat. Berbagai kudapan dan cemilan khas Tionghoa disediakan di berbagai warung dan cafe yang buka hingga malam hari.

Sepuluh lokasi di atas adalah destinasi yang sekarang amat digandrungi wisatawan jika berkunjung ke Padang. Anda bisa memilih mana tempat yang ingin dikunjungi sesuai minat masing-masing.

Namun, jika sudah terlanjur berada di Padang, akan sangat lebih baik jika menyempatkan diri mendatangi seluruh lokasi tersebut sebelum kembali ke aktivitas sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *