10 Tempat Wisata di Palembang – SUMSEL

Tempat-Wisata-Populer-di-Sumatra-Selatan
Jembatan Ampera - Plambang
ENJOYWISATA.COM | Sebagai kota terbesar di pulau Sumatera sekaligus ibu kota provinsi Sumatera Selatan, Palembang sudah sangat dikenal hingga mancanegara. Sejak dulu Palembang dikenal dunia karena kerajaan Sriwijaya yang merupakan kerjaan Buddha terbesar di Asia Tenggara itu berada disini.

Selain terkenal dengan makanan khasnya yaitu empek-empek, anda juga akan menemukan banyak destinasi wisata yang cukup menarik di sana.

Inilah 10 Tempat Wisata di Palembang Yang Populer

Nah bagi anda yang sedang berada di Palembang, tidak ada salahnya untuk mengunjungi wisata-wisata populer andalan kota Palembang. Selain memiliki daya tarik yang mempesona, tentu tempat-tempat wisata berikut ini akan memberikan pengalaman berlibur yang menyenangkan bagi anda.

  1. Jembatan Ampera

Siapa yang tidak tahu jembatan yang satu ini? hampir semua orang yang berkunjung ke Palembang akan selalu menyempatkan untuk sekedar mengambil foto dengan background jembatan Ampera.

Jembatan yang menjadi ikon kota Palembang ini dibangun pada tahun 1962 dan membutuhkan waktu selama kurang lebih 3 tahun pembangunan. Jembatan ini menghubungkan seberang Ulu dan hilir yang terpisah oleh sungai Musi.

Jika sedang berada di sana, jangan lupa untuk mampir di sebuah pasar yang terletak sekitar 50 meter dari jembatan. Anda bisa membeli souvenir maupun menikmati kuliner khas kota empek-empek ini sepuasnya.

  1. Bukit Siguntang

Wisata populer selanjutnya yang bisa anda kunjungi ketika sedang berada di Palembang adalah bukit Siguntang. Merupakan wisata berbentuk bukit kecil dengan ketinggian kurang lebih 30 mdpl.

Lokasinya tidak jauh dari sungai Musi yaitu sekitar 3 km dari sungai Musi bagian utara. Bukit ini digunakan sebagai tempat beribadah umat Buddha pada masa kerajaan Sriwijaya.

Biasanya pengunjung yang datang ke bukit Siguntang, selain untuk berwisata atau berlibur juga untuk berziarah ke makam bangsawan.

  1. Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin

Masjid ini didirikan oleh Sultan Mahmud Badaruddin I dan dipengaruhi oleh 3 kebudayaan sekaligus dalam proses pembangunannya, yaitu Indonesia, Chian dan Eropa.

Untuk gaya Eropanya sendiri terlihat dari bentuk pintu gerbang masjid yang besar dan kokoh. Untuk gaya arsitektur China tampak dari atap masjid seperti kelenteng dan ujung menara berbentuk kerucut.

Dari filosofinya sendiri, tumpeng bermakna yaitu menggambarkan hubungan manusia dengan Tuhan, manusia dengan alam dan sesama manusia. Selain dijadikan sebagai salah satu masjid nasional, masjid ini juga merupakan cagar budaya di Palembang.

  1. Pulau Kemaro

Pulau ini terletak di tengah sungai Musi dan cukup populer di kalangan masyarakat Palembang.

Hal ini karena di Pulau Kemaro sendiri terdapat sebuah kelenteng yang sering didatangi oleh umat Buddha untuk beribadah dan ziarah karena terdapat makam Putri Palembang yang menikah dengan pangeran dari China.

Menurut legenda, sang pangeran terlebih dahulu tenggelam ke sungai dan disusul oleh sang putri. Tidak hanya itu, anda juga bisa menjumpai pagoda dengan sembilan lantai dan pohon cinta.

Ada sebuah mitos dimana jika anda datang bersama dengan sang pacar maka hubungan bisa berlanjut ke pelaminan.

  1. Benteng Kuto Besak

Masih berlokasi di kawasan sungai Musi, tepatnya di tepi Sungai Musi dan merupakan bangunan yang sudah berumur ratusan tahun. Ketika malam hari, salah satu wisata populer di Palembang ini akan diramaikan dengan para pedagang  yang menjual berbagai macam jenis makanan.

Anda juga bisa menikmati makan malam di atas kapal restoran terapung jika ingin menikmati suasana yang berbeda.

Lampu taman dengan refleksi warna kuning dari permukaan sungai turut membuat suasana malam justru semakin hangat. Pasti akan sangat indah jika diabadikan dengan lensa kamera.

  1. Taman Kambang Iwak

Jika anda menyukai taman untuk sekedar melepas penat dan bersantai, maka Pelembang punya taman Kambang Iwak. Dibangun untuk keturunan Belanda sebagai sarana olahraga pada awalnya, wisata ini menjadi salah satu wisata populer yang wajib anda kunjungi ketika sedang berlibur ke Palembang.

Tidak hanya taman saja, namun di tengahnya juga terdapat sebuah danau berfungsi sebagai penghias taman. Tidak hanya itu, danau tersebut juga berfungsi untuk menampung air hujan sehingga mampu mencegah terjadinya banjir ketika masuk musim penghujan.

Berbagai fasilitas bisa anda dapatkan di sana seperti taman bermain anak, hotspot gratis, keran air langsung minum, dan tempat untuk bersantai.

  1. Kampung Kapitan

Palembang memang terkenal dengan wisata sejarahnya yang cukup banyak ditemukan, salah satunya adalah kampung Kapitan. Kampung ini merupakan tempat yang bersejarah tinggi karena ketika masa penjajahan Belanda, warga Tioghoa pertama kali menetap di kampung ini.

Anda akan disuguhkan dengan nilai seni dan budaya yang tampak pada struktur bangunan rumah warga di sana yang terpengaruh oleh dua kebudayaan.

Budaya Tionghoa sendiri bisa dilhat dari bagian dalam rumah dan teras, sedangkan budaya Palembang terlihat dari bangunan rumah yang menyerupai limas. Selain itu terdapat tiang yang digunakan sebagai penopang berdirinya rumah.

  1. Air Terjun Bidadari

Tidak hanya wisata sejarah, Palembang juga memiliki wisata alam yang cukup populer yaitu air terjun bidadari. Anda bisa naik kendaraan bermotor selama kurang lebih 15 menit dari kota Lahat, dan ikuti petunjuk arah yang tersedia di sepaanjang jalan.

Pemandangan alam yang hijau dan sejuk akan membuat anda betah berlama-lama berada di sana.

Dengan ketinggian kurang lebih 30 meter, air terjun ini dilengkapi dengan tumbuhan-tumbuhan rindang pada tepinya yang membentuk sebuah goa. Berbagai macam pepohonan juga tumbuh subur di sana seperti pohon mahoni, bambu, dan masih banyak lagi.

  1. Air Terjun Lematang Indah

Selain air terjun bidadari, wisata alam air terjun yang tidak kalah populer adalah air terjun Lematang Indah. Hampir sama dengan air terjun bidadari, lematang indah memiliki ketinggian sekitar 40 meter dengan pemandangan sekitar yang sangat menyejukkan mata.

Berlokasi di tepi kota Pagar Alam, wisata ini sangat mudah untuk dijangkau apalagi jika menggunakan kendaraan bermotor.

Meskipun jalanan cukup berliku dengan tikungan yang tajam, namun anda tidak perlu khawatir karena disediakan tangga untuk bisa mencapai dasar air terjun lematang indah. Jika lelah, anda bisa berisitrahat terlebih dahulu di tempat duduk maupun warung yang disediakan oleh pihak pengelola.

  1. Gunung Dempo

Wisata populer terakhir yang bisa anda kunjungi ketika sedang ada di Palembang adalah gunung Dempo. Dengan ketinggian kurang lebih 3.159 mdpl, gunung Dampo menyajikan pemandangan kebunn teh yang sangat hijau dan memanjakan mata.

Daya tarik dari wisata ini adalah kawahyang bisa berubah warna sewaktu-waktu, yaitu putih, biru bahkan hijau. Selain itu, banyak orang Jawa yang tinggal di sebuah kampung yang disebut kampung Ampat.

Hal ini lantaran tempat ini menjadi tujuan transmigrasi bagi masyarakat yang berasal dari pulau Jawa.

Nah itulah 10 wisata populer yang ada di Palembang dan wajib kamu kunjungi ketika sedang berada di sana. Jangan lupa juga untuk menyantap makanan khas langsung dari kotanya dan berbelanja souvenir untuk kelaurga atau sahabat tercinta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *